SEDIH, Pekan Ini Harga TBS Riau Kembali Turun 

Harga Tandan Buah Segar (TBS) Riau, untuk pekan kedua Februari 2019 ini, sedikit mengalami drop atau turun tipis.

SEDIH, Pekan Ini Harga TBS Riau Kembali Turun 
Tribun Pekanbaru/Kolase
RINCIAN Harga Komoditi Lokal di Riau Didominasi Penurunan, Harga TBS Kelapa Sawit, Karet dan Kelapa 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Harga Tandan Buah Segar (TBS) Riau, untuk pekan kedua Februari 2019 ini, sedikit mengalami drop atau turun tipis.

Harga tersebut sudah ditetapkan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Riau untuk masa waktu 6 sampai 12 Februari 2019 mendatang.

Kasi Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan DTPHP Riau, Tengku Neni Mega Ayu, Rabu (6/2/2019) menjelaskan, penurunan hampir terjadi pada seluruh kelompok umur. Terbesar terjadi pada kelompok umur 3 tahun.

"Kelompok umur 3 tahun turun harga sebesar Rp.2,16/Kg. Namun pada kelompok lain penurunannya lebih sedikit. Atau tidak begitu signifikan," ujar Neni.

Dikatakan, khusus harga TBS kelapa sawit Riau kelompok umur 10 sampai 20 tahun mengalami penurunan yang tak begitu besar yakni Rp 1,10/Kg. Atau hanya sebesar 0,07 persen dari harga minggu lalu.

Maka, harga TBS kelompok umur 10-20 tahun periode saat ini ditetapkan menjadi Rp 1.579,58/Kg.

"Beberapa faktor penyebab menurunnya harga TBS tersebut karena beberapa perusahaan yang menjadi sumber data DTPHP Riau tidak melakukan penjualan CPO selama satu pekan ini, serta juga harga jual kernel yang sedikit mengalami penurunan," ungkapnya.

Neni juga menyebutkan, faktor lain yang membuat harga TBS Riau turun harga pekan ini karena perayaan tahun baru ilmek. Membuat Bursa Derivatif Malaysia pada 5 dan 6 Februari 2019 ikut ditutup.

Seperti diketahui, Bursa Derivatif Malaysia masih menjadi referensi utama harga CPO Internasional sehingga penutupan selama 2 hari tersebut cukup berpengaruh terhadap harga TBS secara global. (dri)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: kasri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved