KONI Riau Targetkan Juara Umum di Porwil Sumatra 2019

KONI minta atlet dan pelatih berlatih serius agar target mempertahankan juara umum Porwil bisa terwujud.

KONI Riau Targetkan Juara Umum di Porwil Sumatra 2019
Internet
Logo KONI

tribunpekanbaru.com - KONI Riau sampai saat ini masih mematangkan atlet yang akan ditampilkan pada Porwil Sumatra, yang akan digelar di Bengkulu tahun 2019 ini. Setidaknya beberapa pengurus dan pelatih cabor permainan dan cabor beladiri, sudah dipanggil untuk memaparkan atlet yang akan dibawa.

"Masih ada cabor yang belum kita panggil. Tentunya akan kita selesaikan pada Februari ini, sehingga Maret sudah clear semuanya," kata Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, kepada Tribun, Kamis (7/2).

Dikatakan, dari pemaparan sementara pengurus dan pelatih cabor, sangat besar peluang tim Riau untuk bisa mempertahankan tropi juara umum di Porwil 2019. Tentu syarat utamanya, atlet harus berkomitmen tinggi dengan target yang sudah dipatok.

Tidak hanya itu, para pelatih juga harus konsisten dengan apa yang disampaikan kepada KONI, dengan hasilnya sesuai dengan prestasi atlet. Apalagi saat ini, sesuai perkembangan beberapa cabor di Sumatra, Riau masih menjadi daerah yang patut diwaspadai daerah lain.

"Tapi kita tidak boleh lengah. Harus tetap mempersiapkan tim sebaik-baiknya. Makanya, kita tekankan atlet harus terus latihan setiap hari. Karena tanpa latihan, sangat mustahil prestasi bisa didulang," sebutnya.

Pada Porwil 2015 lalu di Bangka Belitung, Riau sukses meraih juara umum. Porwil saat itu juga menjadi kualifikasi PON 2016 di Jabar. Status juara umum tersebut, merupakan yang pertama kalinya diraih Riau di ajang Porwil.

Makanya, KONI Riau berharap pada Porwil 2019 di Bengkulu nanti, Riau bisa mempertahankan prestasi jawara tersebut. Apalagi masih ada beberapa cabor unggulan yang akan ditandingkan pada Porwil 2019 tersebut.

"Cabor unggulan tersebut ada atletik, renang, takraw, basket, serta catur. Makanya kita tekankan seluruh atlet dan pelatih serius dan fokus jelang Porwil," pintanya.

Setidaknya, hingga pekan pertama Februari ini, sudah lebih 10 cabor yang akan tampil di Porwil Bengkulu yang sudah dipanggil KONI Riau. Pemanggilan tersebut dilakukan untuk mengetahui kesiapan cabor tersebut dalam menyiapkan atlet, dan apa saja yang dibutuhkan cabor dalam persiapannya.

Ke-10 cabor itu adalah catur, biliar, atletik, bulutangkis, basket, sepakbola, tinju, renang, dan panjat tebing. ke-10 cabor ini diberi waktu hingga Maret nanti untuk melengkapi atletnya agar 100 persen. Karena setelah itu, KONI akan melaksanakan tes fisik untuk para atlet.

"Untuk TC, kita gelar satu atau dua bulan jelang Porwil. Ini untuk memadukan kemampuan atlet agar serasi, terutama untuk atlet cabor beregu," papar Emrizal. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved