KPU Konfirmasi ke Polri Perihal Distribusi Surat Suara Tanpa Pengawalan

Sebelumnya KPU RI bersama Kepolisian Republik Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang proses pengamanan pendistribusian logistik

KPU Konfirmasi ke Polri Perihal Distribusi Surat Suara Tanpa Pengawalan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua KPU Arief Budiman (kiri) dan Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin (kanan) menunjukkan surat suara Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (4/1/2019) 

TRIBUNPEKANBARU.COM,JAKARTA-Komisioner KPU RI, Ilham Saputra mengaku tak mengetahui adanya aduan Bawaslu terkait pendistribusian surat suara tanpa pengawalan dan Polisi dan Koordinasi dengan Bawaslu. 

Dia mengatakan, sebelumnya KPU RI bersama Kepolisian Republik Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang proses pengamanan pendistribusian logistik Pemilu.

Lebih lanjut, terhadap temuan Bawaslu tersebut, Ilham selanjutnya akan mengkonfirmasi pihak kepolisian untuk memperbaiki proses distribusi, jika memang temuan tersebut benar adanya.

"Kami kan sudah MoU dengan Polri terkait dengan proses pengamanan ini. Jadi menurut kami seharusnya ada pengamanan. Tapi kalau ada aduan seperti itu kami akan cek kembali dan kami akan konfirmasi kepada pihak kepolisian agar kemudian bisa diperbaiki proses distribusi logistik," kata Ilham.

KPU percaya, sesuai dengan MoU yang telah disepakati bersama, pengamanan distribusi logistik Pemilu adalah pekerjaan pihak kepolisian yang pasti dilaksanakan.

"Karena memang kami percaya kepada Polri bahwa ini adalah bagian pekerjaan kepolisian mengamankan distribusi logistik," ujarnya.
Selain itu, KPU RI menyebut sudah menempatkan tim pengawas di masing-masing pabrik percetakan yang ditunjuk mereka.

Hal itu dilakukan demi memberikan pengawasan agar proses distribusi dan percetakan berjalan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Tentu saja ada, kita punya setiap pengawas di percetakan dan distribusi kita punya," pungkasnya.(*)

Editor: Ilham Yafiz
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved