Kepulauan Mentawai

Kunjungi Mentawai Kepala BNPB Doni Monardo Sarankan Cara Kurangi Dampak Risiko Bencana Daerah

Keselamatan masyarakat dari dampak bencana, sebut Doni, merupakan bagian dari kerja pemerintah dalam melayani dan memperhatikan kesejahteraan rakyat.

Kunjungi Mentawai Kepala BNPB Doni Monardo Sarankan Cara Kurangi Dampak Risiko Bencana Daerah
tribunpekanbaru
Kunjungi Mentawai Kepala BNPB Doni Monardo Sarankan Cara Kurangi Dampak Risiko Bencana Daerah 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PADANG - Letjen Doni Monardo yang hampir satu bulan ini diilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Kepala BNPB, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, Rabu (6/2/2019).

Pada kunjungan kerja ke Tanah Sikerei itu, jenderal bintang tiga itu pun mengimbau kepada para Bupati dan Walikota, khususnya untuk daerah-daerah rawan bencana, agar menetapkan standar bangunan masyarakat saat mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

"Imbauan ini saya sampaikan, agar pada saat terjadi gempa, dapat mengurangi resiko bencana, karena bangunan memiliki daya tahan yang baik," kata Doni Monardo dalam pertemuan di kediaman rumah Dinas Bupati Kepulauan Mentawai, di Tua Pejat, Rabu sore.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Bupati Kepulauan Mentawan Yudas Sabaggalet, Kepala BMKG, Wabup Mentawai, Kortanius Sabaleake, Sekretaris Utama (Sestama) BNPB Ir. Dody Ruswandi, MSc.

Baca: Lowongan Kerja Terbaru, BNPB Buka Pendaftaran Hingga 15 Februari 2019, Ini Syarat & Info Lengkapnya

Baca: Begini Sosok Letjen Doni Monardo, Putra Minang yang Dilantik Jadi Kepala BNPB

Baca: Gempa Mentawai Sabtu Lalu Dekat Zona Megathrust, BMKG Minta Warga Sumbar Waspada

Kemudian, turut hadir sejumlah jajaran pejabat eselon I dan II dilingkungan BNPB, Kepala BPBD Sumbar, Erman Rahman, dan beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Lebih lanjut Doni Monardo menjelaskan, bahwa perlunya kebijakan menetapkan standar bangunan saat mengurus IMB, supaya masyarakat tidak membangun rumah asal jadi.

Kemudian, dengan adanya kebijakan tersebut, masyarakat nantinya juga tahu bagaimana desain kualitas rumah yang akan dibangun.

"Saya berharap kepala daerah mensosialisasi hal ini. Soal kemampuan dalam menetapkan rumah yang aman gempa, BNPB disiap membantu kepala daerah dalam bentuk pelatihan dan pemberian pengetahuan soal bangunan bagi tim IMB daerah," ujar Doni.

Mantan Danjen Kopassus itu juga menuturkan bahwa sudah saatnya pemerintah daerah memperhatian dan memikirkan cara-cara mengurangi dampak risiko bencana di suatu daerah.

Hidupkan potensi kearifan lokal sesuai dengan kondisi alamnya.

Baca: Kategori Gempa Dangkal, BMKG Jelaskan Pemicu Gempa Mentawai, Aktivitas Zona Megathrust Segmen Pagai

Baca: VIDEO: Detik-detik Pengunjung Mall di Padang Panik Berhamburan Saat Gempa 6.0 SR Guncang Mentawai

Baca: Kerusakan Gempa Mentawai di Sikakap, BMKG Sebut Ada Mercusuar Roboh dan Puskesmas Rusak Ringan

Halaman
12
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved