Tak Ada Respon dari Perusahaan, KONI Minta Bantuan Gubri untuk Persiapan PON Riau

KONI sudah lama menyuarakan agar perusahaan di Riau membantu persiapan Riau menghadapi PON 2020. Namun tak ada respon sama sekali.

Tak Ada Respon dari Perusahaan, KONI Minta Bantuan Gubri untuk Persiapan PON Riau
Internet
Logo KONI

tribunpekanbaru.com - Harapan KONI Riau mendapatkan dukungan dari dunia usaha dalam mempersiapkan tim Riau menuju PON 2020 di Papua, hingga pekan kedua Februari ini masih belum mendapat respon.

Karena itu, Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, mengharapkan Pemprov Riau melalui Gubernur terpilih Syamsuar, mau membantu menyuarakan hal ini kepada para pelaku usaha. Sebab hanya lewat tangan Gubernur Riau, dunia usaha akan tersentuh untuk membantu olahraga, terutama untuk kontingen Riau.

"Sebenarnya sudah lama permintaan ini kita suarakan. Tapi memang perusahaan-perusahaan tidak ada respon sama sekali," kata Emrizal, Jumat (8/2).

Di Riau sangat banyak perusahaan berskala nasional dan internasional yang bergerak di berbagai bidang. Hanya saja, perlu kehadiran Pemprov Riau untuk meminta perusahaan-perusahaan tersebut agar mau membantu persiapan kontingen PON Riau.

Jika mengandalkan imbauan KONI saja, bisa dipastikan para bos perusahaan akan cuek. Padahal sudah bertahun-tahun mereka menguras sumber daya alam Riau dengan keuntungan luar biasa.

"Apalagi untuk olahraga, bisa kita katakan sampai sekarang minim bantuan pelaku usaha. Makanya Gubri terpilih kita harapkan bisa mengubah gaya cuek para bos perusahaan itu. Padahal, dengan olahraga bisa membantu generasi muda dan daerah ini ke arah lebih baik," papar Emrizal.

Pada 2019 ini, Emrizal menyebut, persiapan PON Riau akan menguras banyak anggaran. Apalagi anggaran KONI di APBD Riau tahun ini Rp20 miliar, tidak cukup untuk mempersiapkan 38 cabor yang akan dikirim ke Papua.

Belum lagi pada tahun ini para atlet Riau harus mengikuti Porwil, Pra PON, Kejurnas, atau uji coba yang wajib diikuti untuk meraih tiket ke Papua mendatang. Semua itu butuh anggaran besar.

"Kalau ada bantuan dari dunia usaha, akan sangat membantu kita, meringankan kita. Kami di KONI sangat mengharapkan itu," katanya.

Anggaran KONI Riau tahun 2019 ini di APBD Riau sebesar Rp20 miliar. Nilai ini turun dari tahun 2018 lalu yang sebesar Rp25 miliar. Penurunan ini disebabkan rasionalisasi anggaran. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved