Bakar Semak untuk Kebun Kelapa, Karhutla pun Terjadi di Pulau Burung, Inhil

Seorang pria harus berurusan dengan pihak berwajib karena mengakibatkan kebakaran lahan untuk membuka kebun.

Bakar Semak untuk Kebun Kelapa, Karhutla pun Terjadi di Pulau Burung, Inhil
Istimewa
Anggota Koramil 09/Pulau Burung dan Kodim 0314/Inhil bersama masyarakat, memadamkan api yang membakar lahan di Parit Bengkok, Desa Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Inhil, Sabtu (9/2). 

tribunpekanbaru.com - Anggota Koramil 09/Pulau Burung dan Kodim 0314/Inhil, memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) di Parit Bengkok, Desa Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Inhil, Sabtu (9/2) lalu.

Bersama masyarakat setempat dan pihak terkait, para prajurit berjibaku dan bekerja ekstra untuk memadamkan api yang berada di lahan milik warga bernama Yusuf tersebut.

Danramil 11/Pulau Burung, Kapten (Inf) Ujang Z yang langsung memimpin pemadaman api di lapangan menjelaskan, sebelumnya pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran lahan yang dijaga oleh Sapto tersebut.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Kapten Ujang Z langsung memimpin dan membawa anggotanya untuk memadamkan api agar kebakaran tidak meluas, serta menghubungi masyarakat setempat untuk ikut membantu dalam pemadaman tersebut.

Beberapa saat kemudian, Karhutla yang membakar lebih kurang dua hektare lahan tersebut bisa diantisipasi sehingga tidak meluas.

“Terimakasih kepada masyarakat dan anggota yang terlibat melakukan pemadaman. Semoga hubungan baik kita ini selalu terjaga sehingga kita bisa menyelesaikan tugas-tugas yang kita emban dengan baik. Karena kebakaran lahan ini juga termasuk tugas kita bersama untuk mengatasinya,” ujar Kapten Ujang Z.

Berdasarkan informasi dari Sapto selaku penjaga lahan, dirinya membakar lahan untuk membersihkan lahan tersebut dari semak. Lahan itu merupakan bekas kebun sawit yang sudah tidak produktif, dan selanjutnya akan ditanami kelapa hibrida.

“Saat ini beliau (Sapto) telah diproses di Polsek Pulau Burung,” jelas Ujang lagi. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved