Berita Riau

Jadwal Pelantikan Belum Jelas, Syamsuar Sudah Pesan Jas Baru

Gubernur Riau (Gubri) terpilih Syamsuar mengaku sudah mempersiapkan pakaian yang bakal ia pakai saat pelantikan nanti.

Jadwal Pelantikan Belum Jelas, Syamsuar Sudah Pesan Jas Baru
TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY
KPU Riau menetapkan pasangan Syamsuar dan Edy Natar Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih 2018 - 2023 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgio

TRIBUNPEKANBARU.COM,  PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) terpilih Syamsuar mengaku sudah mempersiapkan pakaian yang bakal ia pakai saat pelantikan nanti.

Meski sejauh ini belum ada kepastian kapan pelantikan dijadwalkan, namun Syamsuar mengaku tetap memesan jas baru untuknya.

"Jas baru lah. Jas lama warnanya sudah kusam. Kalau saya pakai jas lama nanti berbeda pula warnanya dengan jasnya pas Edi (wakil gubernur Riau terpilih). Pak Edi kan pakai jas baru. Apa pula nanti kata orang, jadi pakai jas baru lah, supaya sama," kata Syamsuar usai menghadiri rapat umum pemegang saham PT Bumi Siak Pusako di hotel Primeire, Jalan Sudirman Pekanbaru, akhir pekan lalu.

Sementara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau hingga kini belum mendapat kepastian kapan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih, Syamsuar dan Edy Natar Nasution.

Baca: Sudah Diuji, Dinas PUPR Berharap Jembatan Siak IV Dianggap Layak

Baca: SK Embarkasi Bakal Keluar, Calon Haji Riau Tahun Ini Tak Lagi Diasramakan di Batam

Pemprov Riau masih menunggu jadwal pasti dari Sekretariat Negara (Setneg) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kita masih menunggu, karena pelantikan ini sudah diproses di Kemendagri, lalu Kemendagri ke Setneg.

Jadi kita menunggu saja jadwal pastinya," kata Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie, Minggu (10/2/2019).

Sementara saat disinggung apakah pelantikan Gubernur Riau terpilih dimajukan bersama Gubernur Jawa Timur (Jatim) yang akhir masa jabatan Gubernur Jatim berakhir pada tanggal 12 Februari 2019, Ahmad Syah memastikan tidak akan bersamaan.

Sebab pelantikan gubernur tidak boleh dimajukan sebelum akhir masa jabatan gubernur sebelumnya berakhir.

Baca: Penumpang Turun 2.000 Orang per Hari, Porter Sampai Supir Taksi di Bandara Hang Nadim Mengeluh

"Kalau disamakan waktunya dengan pelantikan Gubernur Jatim rasanya tidak mungkin. Mana boleh dipercepat. Itu kalau Gubernur Riau Wan Thamrin mengundurkan diri, tapi apa kata dunia. Namun kalau pelantikan Gubernur Jatim bersama dengan Gubernur Riau terpilih, tentu harus ada penunjukan Penjabat Gubernur Jatim 7 hari," ujarnya.

Ahmad Syah, menegaskan, untuk pelantikan Gubernur Riau terpilih dasarnya tetap mengacu dengan AMJ Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2014-2019 yang berakhir tanggal 19 Februari 2019.

Namun pihaknya tidak ingin berspekulasi apakah tepat di akhir masa jabatan gubernur Riau sebelumnya tersebut Syamsuar dan Edi Natar dilantik.

"Pelatihan itu dasarnya AMJ. Kita tak mau berandai-andai, karena sampai saat ini kita belum dapat undangan. Bisanya 2-3 hari jelang pelantikan kita diundang rapat koordinasi di Setneg," katanya. (*)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved