Berita Riau

Dinilai Cacat Hukum, Ketua Badan Kehormatan DPRD Riau Keluar Ruang Sidang Paripurna

BK DPRD Riau mengambil sikap tegas dengan cara keluar dari ruang sidang atau walk out saat sidang paripurna

Dinilai Cacat Hukum, Ketua Badan Kehormatan DPRD Riau Keluar Ruang Sidang Paripurna
Tribun Pekanbaru/Syaiful Misgiono
Foto Ilustrasi - Sidang paripurna di DPRD Riau 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Badan Kehormatan (BK) DPRD Riau mengambil sikap tegas dengan cara keluar dari ruang sidang atau walk out saat sidang paripurna dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daetah tahun 2018 dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ AMJ) kepala daerah tahun 2014-2019 baru saja dimulai, Senin (11/2/2019).

Aksi walk out tersebut dilakukan oleh Ketua BK DPRD Riau, Ilyas Hu buntut dari tidak terpenuhinya jumlah minimal anggota dewan yang hadir saat sidang Paripurna.

Baca: VIDEO: Live Streaming Persib Bandung Vs Persiwa Wamena, Live Jawa Pos TV!, Ini Skuat Maung Bandung

Ilyas menilai sidang paripurna dengan agenda penyampaian LKPJ kepala daerah tahun 2018 dan LKPJ AMJ kepala daerah tahun 2014-2019 cacat hukum.

Sebab ia menilai, jumlah anggota dewan yang hadir secara fisik tidak mencapai angka kuorum yakni minimal 34 orang dari 65 orang anggota dewan. Meskipun secara absensi jumlah diatas angka minimal kuorum yakni 36 orang.

"Sesuai aturan dalam tata tertib kita, sidang paripurna itu kan harus dihadiri oleh 50 persen ditambah satu orang dari total seluruh anggota dewan, 65 orang. Tadi yang hadir secara fisik itukan hanya 29 orang, semestinya kan minimal harus ada 33 orang," kata Ilyas.

Ilyas menilai pimpinan sidang telah melanggar aturan. Sebab pimpinan sidang tetap melajutkan sidang dengan cara melemparkan ke forum apakah dilanjutkan atau tidak, kemudian disepakati oleh forum sidang tetap dilanjutkan.

"Saya tegaskan, ini cacat hukum, karena tidak dihadiri oleh 50 persen ditambah satu orang dari total anggota dewan secara visi," ujarnya.

Baca: Ramalan Zodiak Besok, Senin 11 Februari 2019: Masalah Keuangan Jadi Fokus VIRGO Nih

Sebelumnya, Sidang paripurna dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daetah tahun 2018 dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ AMJ) kepala daerah tahun 2014-2019 di ruang paripurna gedung DPRD Riau berlangsung panas.

Baru saja sidang dibuka oleh pimpinan sidang yang juga ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli, tiba-tiba salah seorang anggota DPRD Riau mengajukan intrupsi.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved