Kepulauan Meranti

Wujudkan Kota Layak Anak, Dinsos P3APPKB dan Disdukcapil Meranti Percepat Kepemilikan Akta Kelahiran

Dinsos P3APPKB bekerjasama dengan Disdukcapil Kepulauan Meranti untuk mewujudkan Kepulauan Meranti menjadi Kota Layak Anak (KLA).

Wujudkan Kota Layak Anak, Dinsos P3APPKB dan Disdukcapil Meranti Percepat Kepemilikan Akta Kelahiran
Istimewa
Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3APPKB) bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kepulauan Meranti rapat untuk percepatan kepemilikan akta kelahiran beberapa waktu yang lalu. 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru Teddy Tarigan

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3APPKB) bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kepulauan Meranti untuk mewujudkan Kepulauan Meranti menjadi Kota Layak Anak (KLA)

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinsos P3APPKB Kepulauan Meranti Juwita Ratna Sari S Farm Minggu (10/2/2019) mengatakan upaya ini dilakukan mendorong percepatan kepemilikan akta kelahiran di daerah.

"Ini salah bentuk upaya dan koordinasi antar OPD dalam rangka menuju kota layak anak. Dimana percepatan kepemilikan Akta Lahir yang menjadi hak anak merupakan salah satu point penting untuk menuju KLA," kata Juwita.

Baca: Siap-siap, 14 Februari Samsung Galaxy M20 Masuk Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

Mantan Lurah Selatpanjang Barat ini juga mengatakan kontribusi aktif yang dilakukan pihaknya selama ini adalah memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat di berbagai kesempatan.

Dari data yang dihimpun pihaknya, Juwita menyatakan, saat ini pencapaian akta lahir di Kepulauan Meranti baru 60 persen, masih jauh dari target nasional yang sebesar 85 persen.

Lebih dari itu, pemberian akta kelahiran gratis dan melaksanakan program-program yang inovatif dalam upaya percepatan kepemilikan akta kelahiran, Pemkab Kepulauan Meranti diharapkan mendapat penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

"Sosialisasi yang kami lakukan agar capaian kepemilikan akta lahir bisa tercapai seperti target nasional. Dan laporan dari pemenuhan target itu kami laporkan ke kementrian untuk mendapatkan penghargaan," ungkapnya.

Baca: Tekan Integrated Port Time, Pertamina RU II Tingkatkan Ketahanan Stok BBM Nasional

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kepulauan Meranti, Hariandi mengatakan untuk menuju kota layak anak perlu koordinasi yang baik dari semua pihak.

"Khususnya untuk organisasi perempuan yang hadir memang diharapkan berkontribusi aktif dalam mendukung pemerintah dalam menuju kota layak anak dengan membantu mempercepat kepemilikan akta lahir anak," ujarnya.

Selain itu pihaknya juga melakukan inovasi dan terobosan untuk percepatan cakupan pemberian akta kelahiran anak.

"Kita juga sudah melakukan inovasi untuk memudahkan pengurusan dimana Disdukcapil Kepulauan Meranti sudah menerapkan sistem pendaftaran awal online, ini pertama di Riau. Selain itu kami juga mempublis document yang sudah jadi. Jadi yang perlu kita lakukan saat ini memang sosialiasi, karena kesadaran masyarakat juga minim," ungkapnya. (*)

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved