AFC Mulai Verifikasi Klub Liga 1 untuk Dapatkan Lisensi Klub Profesional 2019

Perwakilan AFC datang ke Indonesia dan memeriksa langsung seluruh persyaratan untuk mendapatkan lisensi sebagai klub profesional.

AFC Mulai Verifikasi Klub Liga 1 untuk Dapatkan Lisensi Klub Profesional 2019
internet
logo afc

tribunpekanbaru.com - Perwakilan Konfederasi Sepakbola Asia, AFC, mulai mengunjungi klub-klub Indonesia untuk melakukan verifikasi. Persib Bandung menjadi salah satu tim yang mereka kunjungi.

Kebetulan, kunjungan AFC bertepatan dengan laga babak 32 besar Piala Indonesia 2018 antara Persib dan Persiwa Wamena, di Stadion Si Jalak Harupat, Senin (11/2) sore. Pada laga itu Persib menang besar dengan 7-0.

Kunjungan AFC ini untuk adalah untuk AFC Club Licensing Regulations dan AFC Club Licensing Quality Standard. Marcel Isakowitz dan Joern Schlimm asal Jerman, menjadi delegasi AFC pada kunjungan ini.

Selain Persib, klub lain yang ikut dikunjungi adalah Bhayangkara FC, tim juara Liga 1 Persija Jakarta, dan PSM Makassar. Mereka dikunjungi secara bergiliran oleh Marcel dan Schlimm.

Dalam verifikasi ini, AFC melakukan kontrol terhadap lima aspek yaitu legalitas, finansial, personel dan administrasi, infrastruktur, serta sporting atau pembinaan usia muda.

Pembaruan lisensi klub AFC memang dilakukan setiap tahun. Pada musim 2018 lalu, Persib, Persija, Bhayangkara FC dan PSM, masuk dalam tim yang berhasil lolos verifikas standar klub AFC.

Sebelumnya, pada 2018 lalu, ada 10 klub yang mendapatkan lisensi profesional AFC, dari 18 tim peserta Liga 1. Namun dari jumlah itu, hanya tiga klub yang mendapatkan lisensi tanpa catatan penting, yakni Arema FC, Persib, dan Persija. Mereka semua sudah memenuhi semua aspek yang dinilai AFC.

Sementara tiga klub lainnya yaitu PSM Makassar, Madura United, dan Barito Putera, memperoleh lisensi setelah mengajukan banding. (rin)

Penulis: rinaldi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved