Anggaran Hanya Cukup untuk 12 Cabor, Riau Tak Jadi Ikuti 20 Cabor di Popnas Papua

Dana yang tersedia hanya Rp2,5 miliar, dan hanya cukup membawa 12 cabor dengan 70 atlet plus pelatih ke Papua.

Anggaran Hanya Cukup untuk 12 Cabor, Riau Tak Jadi Ikuti 20 Cabor di Popnas Papua
antara
Atletik salah satu cabor yang akan diikuti Riau di Popnas 2019 di Papua. 

tribunpekanbaru.com - Keinginan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau mengikuti 20 cabang olahraga (cabor) ke Popnas di Papua 2019 nampaknya sulit terwujud. Ini tak lepas dari anggaran yang sebesar Rp2,5 miliar untuk Popnas 2019 di APBD Riau 2019.

Dengan kondisi itu, keinginan Dispora untuk mempertahankan prestasi 5 besar yang diraih pada pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2015 lalu di Jawa Tengah (Jateng), susah diwujudkan.

Menurut Kepala Dispora Riau, Doni Aprialdi melalui Plt Kabid Pembudayaan Prestasi Olahraga, M Iqbal, dengan anggaran segitu hanya bisa membawa 12 cabor dari 21 cabor yang ditandingkan.

"Ke-12 cabor yang kita bawa lebih difokuskan kepada cabor perorangan dan hanya dua cabor beregu. Cabor itu adalah gulat, silat, renang, takraw, tinju, angkat besi, atletik, judo, karate, panahan, taekwondo, dan tenis meja," ujar M Iqbal, Selasa (12/2).

Dikatakan, awalnya Riau berencana membawa 18 sampai 20 cabor dengan anggaran Rp7 miliar. Tapi usulan dana Rp7 miliar itu tidak terkabul dan hanya dapat Rp2,5 miliar di APBD Riau.

"Dengan Rp2,5 miliar itu hanya bisa 12 cabor yang dibawa dengan jumlah 70 atlet dan pelatih. Tentunya target kita mempertahankan prestasi 5 besar jadi berat," ungkap Iqbal.

Popnas rencananya digelar 8-18 Oktober 2019 di Papua. Riau sendiri terus bersiap menghadapi ajang tersebut, di antaranya dengan dengan menggelar Traning Camp (TC) bagi para atlet.

TC ini, menurut Iqbal, rencananya akan dilaksanakan 8 hari sebelum hari pertandingan. "Kalau Popnas dilaksanakan 8-18 Oktober maka TC penuh kita gelar 1-8 Oktober 2019," ungkapnya. (rsy).

Penulis: Rino Syahril
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved