Berita Riau

Harga TBS Kelapa Sawit Riau Lagi-Lagi Turun, Cek Daftar Harganya

Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit Riau untuk periode satu pekan ke depan, yakni 13 sampai dengan 19 Februari 2018 mengalami penurunan

Harga TBS Kelapa Sawit Riau Lagi-Lagi Turun, Cek Daftar Harganya
kabarsawit.files.wordpress.com
Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Riau, Prof Dr Ir Tengku Dahril M.Sc, hasil riset, cangkang kelapa sawit bila ditembak gelombang mikro akan hasilkan panas 3.000 derajat celcius. Panas ini potensial sebagai pembangkit listrik. Limbah cair kelapa sawit, bisa menjadi media tumbuh micro algae. 

Laporan wartawan tribunpekanbaru.com, Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit Riau untuk periode satu pekan ke depan, yakni 13 sampai dengan 19 Februari 2018 mengalami penurunan.

Pekan atau periode lalu harga TBS Riau sempat turun tipis. Kondisi berlanjut di pekan ini karena berbagai faktor.

Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Riau malalui Kasi Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan, Tengku Neni Mega Ayu, Selasa (12/2/2019) mengungkapkan bahwa untuk periode 13 - 19 Februari 2019, penurun harga TBS periode ini terjadi hampir di semua kelompok umur.

Baca: BREAKING NEWS: Pembunuhan di Pandau Kampar, Korban Ditemukan Terkapar Bersimbah Darah

Baca: BREAKING NEWS: Satu Napi Terorisme Bebas dari Lapas Klas II A Pekanbaru

Paling besar terjadi pada kelompok umur 3 tahun yang turun sebesar Rp 5,47 Kilogram (Kg), sedangkan untuk kelompok umur 10 - 20 tahun hanya turun sebesar Rp 4,46/Kg.

"Pekan ini penurunan harga TBS sawit Riau mencapai 0,28 persen dari harga minggu lalu, sehingga harga TBS periode saat ini menjadi Rp 1.575,12/Kg, khususnya untuk umur 10-20 tahun," ungkap Neni kepada tribunpekanbaru.com.

Neni menjelaskan, penurunan harga TBS sawit Riau ini disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya karena adanya beberapa perusahaan sumber data yang mengalami penurunan harga jual, terutama pada harga kernel yang seluruhnya mengalami penurunan.

Selain faktor tersebut, faktor lain yang juga menghambat trend positif harga sawit Riau karena harga minyak kedelai yang merupakan produk substitusi minyak sawit amblas. Kondisi itu membuat harga CPO ikut turun.

"Kalau CPO harganya turun maka sawit pun ikut terimbas," jelasnya.

Baca: LIVE STREAMING: Pengusaha Riau Kostum Sudah Koleksi 150 Berbagai Karakter

Baca: Video Almarhum Azis Zaenal Diputar, Suasana Ruang Pelantikan Bupati Kampar Mendadak Hening

"Seperti yang telah diketahui sebelumnya, lebih dari separuh ekspor kedelai AS dibeli oleh China, namun hubungan kedua negara kembali memburuk sehingga mempengaruhi harga minyak kedelai. Ini faktor pendukung lainnya harga sawit kita," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved