Berita Riau

Napi Teroris Bebas dari Rutan Pekanbaru Dijemput BNPT

Seorang narapidana terorisme (Napiter) atas nama Rio Adi Putra dinyatakan bebas hari ini, Selasa (12/2/2019). Saat bebas, Rio dijemput BNPT.

Napi Teroris Bebas dari Rutan Pekanbaru Dijemput BNPT
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi
Anti Terorisme dan Faham Radikal 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Rizky Armanda

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Seorang narapidana terorisme (Napiter) atas nama Rio Adi Putra alias Abu Rio alias Wewe bin Yamin, dinyatakan bebas hari ini, Selasa (12/2).

Sebelumnya dia ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Pekanbaru.

Kebebasan Napiter yang ditahan sejak tahun 2015 ini, dibenarkan oleh Kepala Lapas Klas II A Pekanbaru, Yulius Sahruza saat dikonfirmasi Tribun, Selasa siang.

"Sudah bebas tadi. Dijemput oleh BNPT. Dari Polda (Riau) juga datang untuk mengantar yang bersangkutan ke bandara," katanya. Terkait kepentingan apa yang bersangkutan dijemput BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme), Yulius mengaku tak mengetahui pasti. "Yang jelas yang bersangkutan bebas, kita serahkan ke BNPT," ucapnya.

Baca: Peringati HPN, Polresta Pekanbaru Santuni Anak Panti Asuhan

Baca: Kades Perkosa Gadis 15 Tahun. Diimingi Urus Kartu Indonesia Pintar

Lebih jauh dijelaskan Yulius, Rio merupakan narapidana kasus terorisme ini, alamat kepulangannya yaitu ke Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kalau ada pengecekan atau ada kasus lain kita tidak tahu. Kita tidak ada informasi. Yang pasti dia dibebaskan," sebutnya.

Yulius menerangkan, Rio ditahan sejak tahun 2015. Namun pada tahun 2016, dia dipindah dari Mako Brimob Kelapa Dua, Depok ke Lapas Klas II A Pekanbaru.

Saat itu, selain Rio ada satu napi terorisme lain yang ikut dipindahkan. Yaitu Muhammad Shibghotulloh alias Yatno yang merupakan Napi dari Magetan, Jawa Timur.

Baca: Karhutla di Riau Makin Luas. Paling Luas di Bengkalis

Yatno memiliki masa hukuman dua tahun penjara sementara Rio Adi Putra alias Abu Rio yang berasal dari Bima memiliki masa hukuman empat tahun penjara.

"Awalnya yang bersangkutan ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, dan bebas hari ini sesuai masa pidananya. Didampingi oleh BNPT tadi," tandasnya. (*)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved