Rokan Hulu

Sempat Ricuh, Pleno Pilkades Bonai di Kantor Satpol PP Rohul Sukses Dilaksanakan

Pleno perhitungan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Bonai Kecamatan Bonai Darussalam, digelar di halaman Kantor Satpol PP dan Damkar

Sempat Ricuh, Pleno Pilkades Bonai di Kantor Satpol PP Rohul Sukses Dilaksanakan
Istimewa
Situasi pleno penghitungan suara Pilkades Bonai di kantor Satpol PP 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma putra

‎TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Pleno perhitungan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Bonai Kecamatan Bonai Darussalam, digelar di halaman Kantor Satpol PP dan Damkar Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berlangsung ricuh, pada Senin sore (11/2/2019).

Dimana, Kericuhan diawali protes Harpani, calon Kades Bonai yang kalah, didampingi kuasa hukumnya‎ Indra Ramos. Mereka menolak dilakukan pembukaan kotak dan dilakukan perhitungan suara ulang di enam TPS saat Pilkades serentak gelombang II pada 12 Desember 2018 silam.

Sempat terjadi adu mulut salah seorang calon Kades Bonai yang kalah dengan Panitia Pilkades. Adu mulut melebar setelah ada dua oknum warga‎ yang ikut-ikutan, bahkan sampai masuk ke dalam TPS.

Baca: DOWNLOAD MP3 Dangdut Koplo Nella Kharisma Terbaru 2019: Ada 11 Lagu, Begini Caranya!

Kericuhan di dalam TPS tersebut membuat puluhan personel‎ Satpol PP dan polisi yang berjaga, cepat tanggap dan turun tangan menenangkan kedua kubu.

Walaupun perhitungan suara diprotes ketiga calon Kades yang kalah, namun perhitungan suara tetap dilakukan Panitia Pilkades Bonai, disaksikan Panwas Desa Bonai, dan Camat Bonai Darussalam H. Basri. Dari perhitungan calon Kades nomor urut 1 juga petahana Rais AM tetap meraih suara terbanyak,‎ yakni 577 suara.

Selanjutnya, calon Kades Bonai nomor urut 2 Harpani meraih 465 suara,‎ nomor urut 3 Harmaini meraih 118 suara, sedangkan calon Kades Bonai nomor urut s Hermanto meraih 534 suara. Total suara sah di enam TPS 1.694 suara, dan suara tidak sah 41 suara.

Setelah pleno, ‎Ketua Panitia Pilkades Bonai Irwan Sayup mengungkapkan, pleno dilakukan di Kantor Satpol PP dan Damkar Rohul karena sesuatu hal yang tidak bisa dilakukan di tingkat desa dan tingkat kecamatan.

"Jadi karena itu terjadi, kami tidak mau terjadi konflik,‎ jadi mengambil inisiatif dari pihak-pihak terkait, khususnya dari kabupaten untuk memfasilitasi pleno di tingkat kabupaten," jelasnya.

Irwan‎ Sayup mengatakan, pelantikan Kades Bonai peraih suara terbanyak dilantik oleh masyarakat banyak, bukan dilantik sendiri.

Halaman
123
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved