Rokan Hulu

VIDEO: Rekruitmen 1515 Calon Pengawas TPS‎ di Rokan Hulu Mulai Dilakukan, Catat Tanggalnya!

Panwascam seluruh Rohul sudah mengumumkan perekrutan calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS atau Pengawas TPS) untuk Pemilu 2019.

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Bagi putra putri Rokan Hulu (Rohul) yang ingin menjadi bagaian dari perhelatan akbar, Pemilihan Presiden, dan legislatif, segera daftarkan diri anda, kepada Panitia Pengawas‎ Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Rokan‎ Hulu (Rohul).

Dimana, Panwascam seluruh Rohul sudah mengumumkan perekrutan calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS atau Pengawas TPS) untuk Pemilu 2019.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rohul Fajrul Islami Damsir SH, MH, mengungkapkan proses pendaftaran calon Pengawas TPS untuk ditugaskan di 1.515 TPS tersebar di 145 desa/ kelurahan di 16 kecamatan dimulai hari ini, Senin (11/2/2019).

Ia menambahkan, bagi yang berminat menjadi Pengawas TPS, Bawaslu mengajak putra putri terbaik Rohul untuk datang dan mendaftarkan diri ke Panwaslu Kecamatan masing-masing.

"Jadi sesuai SOP, untuk proses perekrutan, penjaringan dan seleksinya semuanya dilakukan pihak Panwaslu Kecamatan," jelasnya.

Baca: REKRUTMEN Pengawas TPS di Riau, Ini Syarat dan Jadwal Lengkap Tes dan Pendaftaran

Baca: Rekrutmen Pengawas TPS‎ di Rokan Hulu, Dibutuhkan 1.515 Orang, Ayo Daftar ke Panwascam

Baca: Pastikan Suku Talang Mamak Sampaikan Hak Pilih, KPU Dirikan TPS di Komunitas Mereka

Baca: 111 TPS Tersebar di Wilayah Komunitas Adat Talang Mamak

Baca: DANA KELURAHAN di Pekanbaru, Satu Kelurahan Diperkirakan Peroleh Rp 370 Juta

Fajrul menerangkan, untuk syarat menjadi Pengawas TPS, yakni Warga Negara Indonesia, usia minimal 25 tahun, tamatan minimal SMA sederajat, tidak terlibat di partai politik atau Parpol, dan wajib melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Sesuai pengumuman Bawaslu Republik Indonesia, tambah Fajrul, ada beberapa tahapan perekrutan calon Pengawas TPS. Untuk pendaftaran, penerimaan, penelitian berkas administrasi serta wawancara dijadwalkan hanya 9 hari, yakni 11-21 Februari 2019.

Kemudian, Jadwal Pengumuman perpanjangan masa pendaftaran 22-24 Februari, perpanjangan waktu pendaftaran (Pendaftaran, Penerimaan, Penelitian berkas administrasi dan wawancara) 25-27 Februari, pengumuman calon Pengawas TPS terpilih‎ oleh Pokja dan Tanggapan.

Lebih lanjut dijelaskanya, masukan dari masyarakat 27 Februari-1 Maret‎, klarifikasi atas tanggapan masyarakat dan pleno penetapan Panwas Kecamatan tentang Pengawas TPS terpilih 4-6 Maret, pengumuman Pengawas TPS terpilih 8-12 Maret.

Baca: Bupati Rokan Hulu Ingatkan Kepala Desa Tak Terjerat Hukum Karena Dana Desa

Baca: Fakta-fakta Anak Bunuh Ayah di Pandau Kampar, Sakit Hati Ibu Sering Diperlakukan Kasar

Baca: Hasil Akhir Timnas U22 Indonesia Vs Madura United, Timnas Berhasil Samakan Kedudukan

Baca: VIDEO: Banyak Warga Diserang Tawon, Damkar Pekanbaru Evakuasi dan Temukan Sarang Berukuran Besar

Baca: Irish Bella dan Ammar Zoni Resmi Lamaran, Unggah Foto dengan Caption Romantis Ini

Selanjutnya, laporan tahapan penjaringan sekaligus penyampaian berkas seleksi dari Panwaslu kecamatan ke Bawaslu Kab/ kota 9-13 Maret. Sedangkan untuk pelantikan pengawas TPS dan Bimtek 25 Maret 2019.

‎"Jadi sebelum bertugas, Pengawas TPS terpilih akan diberi Bimtek dan pembekalan, dan kemudian dilantik serentak," ungkapnya.

Fajrul menghimbau ke seluruh Panwascam agar menjaga integritas, karena pada pelaksanaan Pemilu 2019 ada 5 kotak suara yang harus dijaga di setiap TPS.

"Sehingga diperlukan petugas di TPS yang benar-benar orang yang punya integritas. Kita berharap demikian," pungkasnya.

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved