Indragiri Hilir

Disdik Inhil Tekankan Sekolah Update Dapodik, Harus Sesuai Kondisi Nyata di Lapangan

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tekankan kepada pihak sekolah untuk terus memutakhirkan (update) Dapodik.

Disdik Inhil Tekankan Sekolah Update Dapodik, Harus Sesuai Kondisi Nyata di Lapangan
TribunPekanbaru/T Muhammad Fadhli
Sekretaris Disdik Inhil, Fathurrahman, S.Ag 

Disdik Inhil Tekankan Sekolah Update Dapodik, Harus Sesuai Kondisi Nyata di Lapangan

Laporan Wartawan Tribuntembilahan.com : T. Muhammad Fadhli.

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, TRIBUN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tekankan kepada pihak sekolah untuk terus memutakhirkan (update) Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sekolah.

Tidak hanya sekedar memutakhirkan, sekolah juga diimbau untuk memasukkam data (Upload) sesuai dengan kondisi sekolah yang sebenarnya agar Bantuan Pemerintah (Bantah) bisa diterima sekolah bersangkutan.

"Uploadnya sesuai dengan kondisi yang ada, terutama mengenai kondisi sarana dan prasaran yang sangat penting bagi keberlangsungan belajar murid," ujar Kepala Disdik Inhil, H. Rudiansyah melalui Sekretaris Disdik Inhil, Fathurrahman, Kamis (14/2/2019).

"Pusat akan mengeluarkan anggaran sesuai dengan permintaan di Dapodik, kalau yang bagus – bagus saja, orang pusat tidak mau tau dia, sehingga bantuan itu tidak keluar," tambahnya

Baca: SDN 005 Desa Beringin Mulya Inhil Kurang Ruangan, Rumah Dinas Lapuk pun Jadi Kelas

Baca: Kekurangan Ruang Lokal, Murid SDN Di Inhil Ini Terpaksa Belajar Di Rumah Dinas Guru Yang Tidak Layak

Baca: BKPSDM Inhil Sinkronkan data dengan Provinsi Dan BKN

Menurut Fathurrahman, persoalan Dapodik ini memang menjadi dilema tersendiri, karena terkadang kepala sekolah tidak memasukkan laporan kondisi sekolah sesuai dengan kenyataannya demi kepentingan akreditasi.

"Padahal ini terkait dengan bantuan Sarana prasaran, jadi harus di update pihak sekolah. Kalau tidak ada pustaka nilai rendah jadi makanya dibuatnya ada, walaupun darurat, sementara di pusat untuk bantuan harus sesuai dapodik, kadang yang diuploadnya ntah foto sekolah siapa kondisi bangunan bagus,” tutur Fathurrahman.

Terakhir Fathurrahman mengimbau, pihak sekolah juga harus mementingkan persoalan sarana prasarana ini, selain kepentingan peserta didik.

“Kami terus memantau dan mengingatkan sekolah agar dapodiknya di update terus, jangan hanya kepentingan peserta didik terus yang diupload seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), guru terkait sertifikasi, sehingga sarana prasarana diabaikan. ” pungkasnya.

Baca: Hari Ini 32 Warga Siak Mulai Berlatih di BLK Lembang, Pulang Harus Tularkan Ilmu

Baca: Bupati Pelalawan HM Harris Lantik Pejabat Eselon III dan IV, Ini Nama-namanya

Baca: KPU Goes To School Hari Ini Ada di Batang Gansal

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved