Dumai Tetapkan Status Siaga Darurat Kabut Asap Sampai 31 Mei 2019

Kebakaran hutan dan lahan yang makin meluas di Dumai mulai menimbulkan bencana kabut asap yang mengganggu warga.

Dumai Tetapkan Status Siaga Darurat Kabut Asap Sampai 31 Mei 2019
tribunpekanbaru/syahrul
Petugas memadamkan api di sebuah lahan yang terbakar di Dumai beberapa hari lalu. Pemko Dumai menetapkan status siaga darurat kabut asap akibat kebakaran lahan yang terjadi. 

tribunpekanbaru.com - Pemko Dumai menetapkan status siaga darurat bencana kabut asap. Hal ini disampaikan langsung oleh Pj Sekda Dumai, Hamdan Kamal, pada Kamis (14/2) kemarin di Dumai.

Penetapan status siaga tersebut diberikan seusai rapat penetapan status siaga yang dipimpin Hamdan bersama Dandim 0320/Dumai, Letkol (Inf) Horas Sitinjak, Kepala BPBD Dumai Afrilagan, dan stakeholder lainnya pada Rabu (13/2) lalu.

Hamdan menerangkan, walaupun situasi sampai saat ini masih terkendali, namun suhu udara terus meningkat akibat luasnya jumlah lahan yang mengalami kebakaran.

"Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) menjadi perhatian ekstra pemerintah. Makanya, kita menetapkan status siaga darurat sejak Rabu lalu, dan status ini kita tingkatkan menjadi status siaga agar masyarakat waspada," sampainya.

Terpisah, Kepala BPBD Kota Dumai, Afrilagan menjelaskan, sebanyak 29,5 hektare lahan di Dumai telah terbakar. Walaupun jumlah itu jauh berkurang dari 2018 silam yang mencapai angka 399,25 hektare, namun kesiagaan tetap dibutuhkan agar karhutla tidak makin meluas.

Afrilagan juga merilis daerah sumber rawan karhutla di 6 Kecamatan dengan 22 kelurahan di Dumai. Di antaranya di Dumai Timur dua kelurahan, Dumai Selatan empat kelurahan, Dumai Barat dua kelurahan, Bukit Kapur lima kelurahan, Medang Kampai empat kelurahan, dan Sungai Sembilan lima kelurahan.

Terkait status siaga darurat, Pemko Dumai mulai memberlakukannya sejak Rabu (13/2) hingga 31 Mei 2019 mendatang. "Jika kondisi masih belum membaik, tidak menutup kemungkinan statusnya akan diperpanjang," katanya lagi. (mad)

Luas Lahan Terbakar di Dumai

Tahun 2015: 259 Hektare
Tahun 2016: 368 Hektare
Tahun 2017: 64 Hektare
Tahun 2018: 399,25 Hektare
Tahun 2019 (per Februari): 29,5 Hektare

Sumber: BPBD Kota Dumai

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved