Bengkalis

Sudah Ratusan Lahan Hektare Terbakar, Bengkalis Akan Segera Tetapkan Siaga Karhutla

sampai 13 Februari 2019, sudah terjadi kebakaran sebanyak 17 kali dengan luas lahan mencapai 223 hektar.

Sudah Ratusan Lahan Hektare Terbakar, Bengkalis Akan Segera Tetapkan Siaga Karhutla
Istimewa
TNI bersama petugas gabungan terus melakukan pemadaman di area Karhutla. 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis Bustami HY memimpin Rapat Koordinasi bersama seluruh stakeholder terkait kondisi Kebakaran hutan dan lahan di kabupaten Bengkalis, Kamis (14/2) di ruang rapat bagian keuangan Kantor Bupati Bengkalis.

Rapat koordinasi yang dipimpin Sekda Bengkalis ini dihadiri Kepala Pelaksana BPBD Bengkalis Tajul Mudaris, perwakilan Kodim 0303 Bengkalis Perwira Staf Teritorial Kapten Inf Isnanu, Kapolres Bengkalis diwakili Kasat Binmas AKP Selamat Riadi, Kepala Satpol Pol Jendri Ginting, Kadis Damkar Djamaludin, Sekretaris Diskominfotik Adi Sutrisno dan Camat se-Kabupaten Bengkalis serta tim SAR Bengkalis.

Rapat Koordinasi ini dilakukan untuk menyikapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi terus meluas di sejumlah kecamatan.

Dalam rapat ini Sekda Bengkalis akan melakukan penetapan Status Siaga Bencana terkait Karhutla di Bengkalis ini.

“Setelah semua unsur Forkopimda menyatakan setuju, kita segera menetapkan Status Siaga Bencana. Bupati Bengkalis Amril Mukminin akan segera menandatangani Surat Pernyataan Bencana dan SK Siaga Bencana yang disiapkan,” ungkap Sekda Bengkalis Bustami.

Menurut Bustami, segala persyaratan administrasi seperti surat pernyataan dan SK sudah diselesaikan oleh Bagian Hukum Setda Bengkalis. Selanjutnya akan segera ditandatangani.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis, sampai 13 Februari 2019, sudah terjadi kebakaran sebanyak 17 kali dengan luas lahan mencapai 223 hektar.

Sementara itu, dari pantuan satelit, jumlah titik panas (hotspot) mencapai 56 titik sampai hari Kamis (14/2/2019) ini.

Kondisi Karhutla setiap kecamatan, diantara, Kecamatan Bantan 2 kali kebakaran seluas 9 hektar, sedangkan jumlah hotspot saat ini nol. Bukit Batu 3 kali kebakaran seluas 8 hektar, hotspot 5 titik.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved