VIDEO: BBKSDA Riau Amankan 32 Ekor Burung Dilindungi

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau mengamankan 32 ekor burung cangak (Ardea sp) didua lokasi berbeda

VIDEO: BBKSDA Riau Amankan 32 Ekor Burung Dilindungi

Laporan reporter tribunpekanbaru.com, Aan Ramdani

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau mengamankan 32 ekor burung cangak (Ardea sp) didua lokasi berbeda. Berkemungkinan satwa ini merupakan Cangkak laut (Ardea Sumatrana), namun karena masih anakan masih perlu pendalaman untuk memastikan jenisnya. 

Masing-masing 14 ekor diamankan oleh Polisi Kehutanan Balai Besar KSDA Riau di Jalan Lintas Lipat Kain-Pekanbaru, Selasa (12/2/2019).

"Ketika itu, kebetulan petugas polisi kehutanan Pak M.Putrapper dan M Hendrik hendak melakukan patroli ke SM.Bukit Rimbang Bukit Baling. Kemudian dijalan terlihat warga bernama Dani di Desa Kampung Pinang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar menjual satwa ini ditepi jalan," jelas M.Mahfud, Kepala Bidang Teknis KSDA Riau kepada tribunpekanbaru.com.

Baca: VIDEO Streaming BATE BORISOV Vs ARSENAL Liga Eropa, Live RCTI

Baca: Awalnya Dikira Hanya Kelelahan, Ternyata Jenis Kanker Darah Ani Yudhoyono Agresif, Ini Kata AHY

Kemudian petugas polhut langsung mengevakuasi satwa dilindungi yang masih anakan tersebut dan memberikan sosialisasi serta pemahaman kepada warga bahwa satwa tersebut termasuk yang dilindungi.

Kemudian 14 ekor burung tersebut dievakuasi ke kandang transit satwa yang berada di Balai Besar KSDA di Pekanbaru untuk dilalukan observasi hingga nantinya dilepas liarkan ke habitatnya.

Sementara itu, satu hari sebelumnya juga diamankan 18 ekor burung jenis yang sama, Senin (11/2/2019) saat sedang diperjual belikan ditepi jalan Lintas Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu.

Petugas dari Bidang KSDA Wilayah I Balai Besar KSDA Riau langsung mengamankan satwa tersebut dan memberikan pemahaman serta sosialisasi kepada pedagang dan warga sekitar lokasi tentang satwa dilindungi tersebut.

Baca: 5 Zodiak Ini Dikenal Paling Baik Hati, Bantuannya Selalu Bisa Diandalkan, Kamu Termasuk?

Baca: VIDEO Streaming BATE BORISOV Vs ARSENAL Liga Eropa, Live RCTI

"18 burung ini karena sifat keliarannya masih terlihat dan dalam keadaan sehat, langsung dilepas liarkan di SM.Kerumutan Rabu pagi (13/2/2019)," lanjut M.Mahfud.

Sedangkan 14 ekor burung Ardea sp yang dievakuasi dari Kabupaten Kampar masih akan dilakukan observasi terlebih dahulu dikandang transit. Mengingat kondisi burung-burung tersebut masih dalam keadaan stres karena saat hendak diperjual belikan warga, dalam kondisi diikat.

"Kalau susah diobservasi kemungkinan akan kita lepas liarkan dilokasi yang sama di SM Kerumutan," jelasnya lagi.

Dalam kesempatan tersebut Mahfud juga kembali menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menangkap, menjerat, memelihara satwa-satwa yang dilindungi. (*)

Baca: Hujan Lebat Guyur Lokasi Peresmian Jembatan Siak IV

Baca: Peresmian Jembatan Siak IV dan 2 Fly Over di Pekanbaru Berlangsung di Tengah Hujan Deras

Editor: Aan Ramdani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved