Berita Riau

Besok Rapat Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kabut Asap, Gubri Minta Laporan BPBD Riau

Gubri Wan Thamrin Hasyim akan memimpin rapat bersama dengan instansi terkait untuk membahas status siaga darurat bencana kabut asap di Riau, Senin.

Besok Rapat Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kabut Asap, Gubri Minta Laporan BPBD Riau
tribunpekanbaru/syahrul
Proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Bangsal Aceh, Sungai Sembilan Kota Dumai. Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Dumai Terdeteksi Jumat (8/2/2019) pagi, BPBD Riau:Luas Belum Diketahui 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Wan Thamrin Hasyim akan memimpin rapat bersama dengan instansi terkait untuk membahas status siaga darurat bencana kabut asap di Riau, Senin (18/2/2019).

Dalam rapat ini nantinya akan diputuskan, apakah Provinsi Riau menetapkan status siaga darurat atau belum. Sebab sudah ada dua daerah di Riau yang sudah menetapkan status siaga darurat bencana kabut asap. Yakni Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis.

"Senin saya pimpin apel terakhir bersama seluruh pegawai, setelah itu baru rapat soal Karhutla," kata Wan Thamrin akhir pekan kemarin.

"Nanti kita minta laporan dari BPBD soal kondisi Karhutla di Riau," imbuhnya.

Baca: VIDEO: Live Streaming Debat Kedua Pilpres 2019 Jokowi vs Prabowo, Mulai Pukul 20.00 WIB, Live RCTI

Meski sudah dua daerah di Provinsi Riau yang sudah menetapkan status siaga darurat bencana asap, namun Wan menyerahkan seluruhnya ke BPBD Riau untuk mengkajinya.

Jika sudah layak ditetapkan seauai aturan, maka dirinya siap untuk menetapkannya.

"Teknis nya nanti Edward lah (Kepala BPBD Edwar Sanger) yang menjelaskan. Karena dengan status tersebut Provinsi Riau akan mendapatkan bantuan dari BNPB termasuk bantuan helikopter," katanya.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau segera menetapkan status siaga darurat bencana kabut asap akibat kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau.

Baca: FOTO: Ramainya Warga Nikmati HBKB di Pekanbaru

Penetapan status siaga darurat bencana kabut asap ini dilakukan menyusul sudah ditetapkannya dua kabupaten kota di Riau yang sudah menetapkan status siaga darurat bencana kabut asap. Yakni Kota Dumai dan Bengkalis.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved