Bupati Minta Warga Tembilahan Sabar Terkait Adanya Somasi Karena Jalan Rusak Bertahun-tahun

Sebelumnya AMPIH melayangkan somasi terhadap Pemkab Inhil, karena dinilai membiarkan jalan rusak di Tembilahan selama bertahun-tahun.

Bupati Minta Warga Tembilahan Sabar Terkait Adanya Somasi Karena Jalan Rusak Bertahun-tahun
tribun pekanbaru
Bupati Inhil, HM Wardan (tengah), didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Inhil, Illyanto, serta Kepala Bappeda Tengku Juhardy, saat meninjau salah satu pekerjaan ruas jalan. Bupati mengatakan, proses perbaikan ruas jalan yang rusak saat ini masuk tahap pelelangan. 

tribunpekanbaru.com - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan, angkat bicara terkait gelombang protes masyarakat terhadap sejumlah ruas jalan di dalam Kota Tembilahan yang kondisinya rusak dan memprihatinkan.

Gelombang protes masyarakat akhirnya berbuntut somasi yang dilayangkan oleh Aliansi Muda Peduli Indragiri Hilir (AMPIH). Mereka menilai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil telah lalai, karena membiarkan banyak jalan di Tembilahan rusak berat bertahun-tahun.

"Saya mengapresiasi kepedulian masyarakat terhadap pembangunan, khususnya jalan. Namun begitu, kita mesti tetap harus bersabar sembari menunggu tahapan yang harus dilalui dalam proses perbaikan ruas jalan Tembilahan tersebut,” ujar Wardan di Tembilahan, Sabtu (16/2) lalu.

Menurutnya, perbaikan tujuh ruas jalan dalam Tembilahan yang rusak tersebut, akan segera dilaksanakan oleh Pemkab Inhil dalam waktu dekat. Ketujuh ruas jalan tersebut adalah Jalan Sultan Syarif Kasim, Jalan Kartini, Jalan H Said, Jalan Arsyad Ahmad, Jalan Abdul Manaf, Jalan Batang Tuaka, dan Jalan H Sadri.

"Saat ini rencana perbaikan tujuh ruas jalan di Tembilahan tersebut telah memasuki tahap pelelangan, bahkan seluruh administrasi sudah rampung oleh instansi teknis," ungkap Wardan.

Menurutnya, masyarakat bisa mengakses situs yang beralamat di https://sirup.lkpp.go.id, untuk membuktikan langsung bahwa rencana perbaikan ruas jalan tersebut sudah masuk tahap pelelangan.

“Bisa dicek di LPSE. Saya instruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Inhil agar terus mengawal pelaksanaan pelelangan, bahkan seluruh tahapan perbaikan tujuh ruas jalan di Kota Tembilahan,” ujar Bupati yang murah senyum ini.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah masyarakat Tembilahan yang tergabung dalam Aliansi Muda Peduli Indragiri Hilir (AMPIH), melayangkan somasi terhadap Pemkab Inhil. AMPIH menganggap Pemkab Inhil melakukan pembiaran terhadap beberapa ruas jalan yang sudah rusak berat hingga bertahun-tahun tanpa ada perbaikan.

Isi dari somasi tersebut adalah meminta tanggung jawab Pemkab Inhil agar segera memulai perbaikan jalan dalam kurun waktu dua bulan. Bila tidak, maka AMPIH akan melakukan gugatan ke pengadilan.

Somasi tersebut ditujukan kepada tiga pihak terkait yang dianggap paling bertanggung jawab, yaitu Bupati Inhil, DPRD Inhil, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Inhil. (odi)

Jalan di Tembilahan yang Segera Diperbaiki:

1. Jalan Sultan Syarif Kasim
2. Jalan Kartini
3. Jalan H Said
4. Jalan Arsyad Ahmad
5. Jalan Abdul Manaf
6. Jalan Batang Tuaka
7. Jalan H Sadri

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved