BPN Apresiasi Cek Fakta Yang Dilakukan Publik Terhadap Penyampaian Jokowi di Debat Kedua Capres

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengapresiasi upaya cek fakta yang dilakukan sejumlah pihak pada debat kedua Pilpres.

BPN Apresiasi Cek Fakta Yang Dilakukan Publik Terhadap Penyampaian Jokowi di Debat Kedua Capres
Tribunpekanbaru
Debat Capres 

TRIBUNPEKANBARU.COM,JAKARTA-Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ahmad Fathul Bari, mengapresiasi upaya cek fakta yang dilakukan sejumlah pihak pada debat kedua Pilpres 2019.

"Sebetulnya cukup menarik dalam debat kali ini adalah publik itu memiliki peran yang cukup penting jadi apa yang disampaikan oleh para calon presiden langsung dikonfirmasi oleh publik dengan data-data valid," kata dia dalam diskusi 'Debat Pilpres Kedua, Siapa Paling Memikat ?' di Jakarta, Senin (18/2/2019) sore.

Menurut dia, salah satu hal yang ia apresiasi adalah cek fakta yang mengonfirmasi data-data yang disampaikan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo.

Fathul menyinggung dua hal, yaitu klaim Jokowi bahwa hampir tak ada kebakaran hutan dan tak ada konflik terkait pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur.

"Itu mengonfirmasi beberapa data yang ternyata datanya salah yang disampaikan oleh capres 01 dan itu sangat jelas sekali ada yang salah," kata dia.

Dia menyesalkan langkah Jokowi menyajikan sejumlah data yang keliru. Padahal, kata Fathul, Jokowi selaku petahana seharusnya menyajikan data yang benar dan tidak sekadar klaim.

"Dan ini langsung dikritik publik oleh masyarakat, civil society. Dan ini menjadi catatan penting menurut saya," sebutnya.(*)

Editor: Ilham Yafiz
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved