Didukung Hujan, Pendinginan Lahan Terbakar di Bangsal Aceh, Dumai, Berjalan Lancar

Pemadaman lahan yang terbakar berlangsung lebih cepat setelah dua hari terakhir hujan turun mengguyur Kota Dumai.

Didukung Hujan, Pendinginan Lahan Terbakar di Bangsal Aceh, Dumai, Berjalan Lancar
tribunpekanbaru/syahrul
Anggota BPBD Kota Dumai tengah melakukan pendinginan di kawasan Bangsal Aceh. 

tribunpekanbaru.com - Proses pemadaman kawasan hutan dan lahan di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, saat ini berlangsung makin positif.

Kawasan yang beberapa waktu lalu terbakar hingga meluas hampir 18 hektare, kini sudah masuk tahapan pendinginan, setelah pemadaman api berhasil dilaksanakan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dumai, Afrilagan, mengatakan, saat ini tim gabungan dari BPBD Kota Dumai dan stakeholder lainnya tengah melakukan pendinginan di lokasi lahan yang mengalami kebakaran.

"Alhamdulillah, sejak turun hujan dua hari terakhir ini di Kota Dumai, proses pemadaman jadi bisa lebih mudah," katanya pada Senin (18/2).

"Saat ini tim sedang melakukan pendinginan saja, dan dibantu dengan turunnya hujan prosesnya menjadi jauh lebih cepat," sebutnya kemudian.

Dalam proses pendinginan tersebut, BPBD Kota Dumai masih mengerahkan tim dan perlengkapan penuh di lokasi. Di antaranya satu unit mobil komando BPBD Dumai, satu unit mobil angkut Manggala Agni, lima unit sepeda motor, satu unit mesin portable Honda GX BPBD Kota Dumai, satu unit mesin ministriker BPBD, satu unit mesin Shibahura BPBD Dumai, dua unit mesin Mark 3 Manggala Agni, dan satu unit alat berat eskavator.

"Jika kondisi alam terus mendukung dengan turunnya hujan, harusnya dalam beberapa hari ini proses pendinginan sudah bisa segera terselesaikan," katanya lagi. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved