Buka Rekrutmen KPPS, KPU Dumai Sudah Terima Hampir Lima Ribu Pendaftar

Petugas KPPS direkrut untuk ditempat di TPS di seluruh Kota Dumai saat pelaksanaan pemilu, April 2019 mendatang.

Buka Rekrutmen KPPS, KPU Dumai Sudah Terima Hampir Lima Ribu Pendaftar
ist
Logo KPU 

tribunpekanbaru.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Dumai, telah mendapatkan arahan untuk melakukan perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di wilayah Kota Dumai.

Ketua KPUD Kota Dumai, Darwis, mengatakan, proses pendaftaran untuk lowongan KPPS ini sebenarnya sudah dibuka pihaknya sejak jauh hari di Kota Dumai. Namun pihak KPUD Dumai sudah lebih dulu membuka pendaftaran dengan alasan tertentu.

"Berdasarkan arahan, pendaftaran sebenarnya baru akan dibuka pada 28 Februari 2019. Namun kita mencoba untuk membukanya lebih cepat, supaya kuota yang ada bisa lekas terpenuhi," kata Darwis menjelaskan, Senin (25/2).

Dikatakan, rekrutmen anggota KPPS untuk pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang di Kota Dumai ini, dibuka untuk sekitar 5.887 orang. Jumlah tersebut sudah sesuai dengan aturan KPU, karena masing-masing TPS nantinya akan diisi oleh tujuh orang petugas KPPS.

"Kota Dumai sendiri kebagian 841 TPS. Artinya ada lowongan bagi sekitar 5.887 orang tenaga KPPS, dan ini yang sedang kita cari," jelasnya.

Hingga saat ini, pendaftaran formasi KPPS yang sudah diterima KPU Dumai, jumlahnya mencapai hampir lima ribu pendaftar. Berkas para pendaftar tersebut kemudian akan diverifikasi lebih lanjut pada 6 Maret mendatang.

"Proses rekrutmen ini dari awal sampai akhir akan memakan waktu dari 28 Februari sampai 31 Maret. Dengan rentang waktu tersebut, kami yakin kuota yang dibutuhkan akan bisa terpenuhi," terang Darwis.

Adapun persyaratan untuk bisa mendaftarkan diri sebagai petugas KPPS di Pemilu 2019 KPU Dumai, di antaranya adalah memiliki KTP, ijazah minimal SMA sederajat, tidak pernah bermasalah dengan hukum, sehat jasmani dan rohani, berdomisili di sekitar TPS, dan bebeapa syarat lainnya. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved