Rokan Hulu

Sekda Abdul Haris Berharap Kapabilitas APIP Rohul Bisa Capai Level Tiga Penuh

Sekda Rohul H Abdul Haris membuka workshop audit kinerja APIP di lingkungan Inspektorat Rohul, Senin (25/2/2019) di Sapadia Hotel Pasirpangaraian.

Sekda Abdul Haris Berharap Kapabilitas APIP Rohul Bisa Capai Level Tiga Penuh
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Workshop Audit Kinerja di lingkungan Inspektorat Kabupaten Rohul 2019, di Sapadia Hotel Pasirpangaraian, Senin (25/2/2019) resmi dibuka Sekda H Abdul Haris. 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Sekda Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) H Abdul Haris membuka workshop audit kinerja Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan Inspektorat Rohul, Senin (25/2/2019) di Sapadia Hotel Pasirpangaraian.

Abdul Haris mengungkapkan, tujuan workshop untuk peningkatan kapabilitas APIP Inspektorat Kabupaten Rohul yang sampai saat ini masih berada di level tiga Provinsi Riau.

"Tinggal ada satu komponen yakni audit kinerja yang belum dilakukan untuk mencapai level tiga penuh untuk Inspektorat Rohul," ungkapnya.

Abdul Haris mengharapkan, kapabilitas APIP Inspektorat Rohul bisa mencapai level tiga penuh, sebab sampai saat ini baru ada empat daerah di Indonesia yang baru mencapai level tiga penuh.

Menurutnya, untuk pembangunan secara fisik, bila sebelumnya hanya membandingkan antara perencanaan kesesuaian ketentuan, sampai pelaksanaan pembangunan, maka ke depan APIP harus mampu melakukan auditor mulai dari sebuah perencanaan sampai dengan pemanfaatannya.

Inspektur Helfiskar, didampingi Sekretaris Muslim menjelaskan, dalam mendukung level tiga penuh, seluruh OPD bersama pemerintah kecamatan dan pemerintah desa, harus melakukan koordinasi terkait untuk setiap pelaksanaan kegiatan.

Helfiskar mengatakan, Inspektorat Rohul dalam waktu dekat juga akan membentuk Majelis Tim Tuntutan Pembendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TP-TGR) dengan Sekretariat di Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah.

"Sekretarisnya adalah Inspektorat sendiri. Inilah upaya-upaya kita dalam meningkatkan level tiga penuh itu," pungkas Helfiskar. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved