Rokan Hulu

Masa Jabatan Belum Habis, 16 Kades Terpilih di Rohul Belum Juga Dilantik

Dari 51 kepala desa (kades) hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak gelombang II, 16 diantaranya belum dilantik.

Masa Jabatan Belum Habis, 16 Kades Terpilih di Rohul Belum Juga Dilantik
TribunPekanbaru/Donny Putra
Bupati Rokan Hulu lantik tujuh kepala desa 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Dari 51 kepala desa (kades) hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak gelombang II, 16 diantaranya belum dilantik.

Pada pelantikan gelombang pertama 29 Januari 2019, Bupati Rokan Hulu H Sukiman baru melantik 35 kades terpilih.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Rohul Margono mengungkapkan, ada beberapa alasan mengapa 16 kades tersebut belum juga dilantik.

Selain ada jabatan Kades sebelumnya belum habis, persoalan lain adalah pleno perhitungan suara yang bermasalah, dan ada oknum kades terpilih terjerat hukum.

Margono menuturkan, 16 kades terpilih yang belum dilantik gelombang pertama karena ada yang masa jabatannya belum berakhir, yakni per Januari 2019, Februari 2019, Maret 2019, April 2019, dan bahkan ada jabatan Kades yang baru berakhir 30 Juni 2019.

"Diperkirakan awal Juli baru bisa dilakukan pelantikan, karena ada jabatan kades yang baru berakhir tanggal 30 Juni 2019," katanya, Selasa (26/2).

Margono mengatakan, sesuai Peraturan Bupati Rohul, untuk pelantikan kades harus dilakukan serentak dan dilaksanakan di ibukota kabupaten, yakni Pasirpangaraian.

Sebab itu 16 kades terpilih belum dilantik sampai menjelang akhir Februari 2019. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved