Pemilu 2019

Bawaslu Riau Desak Disdukcapil Percepat Pencetakan KTP Elektronik atau e-KTP

Bawaslu Riau desak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) percepat pencetakan KTP Elektronik atau e-KTP

Bawaslu Riau Desak Disdukcapil Percepat Pencetakan KTP Elektronik atau e-KTP
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Disdukcapil Kota Pekanbaru menggelar perekaman data KTP elektronik di SMA PGRI Pekanbaru, Rabu (27/2/2019). Bawaslu Riau Desak Disdukcapil Percepat Pencetakan KTP Elektronik atau e-KTP 

Bawaslu Riau Desak Disdukcapil Percepat Pencetakan KTP Elektronik atau e-KTP

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau desak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) percepat pencetakan KTP Elektronik atau e-KTP.

Pasalnya, persoalan KTP Elektronik yang belum selesai masih menjadi masalah yang serius bagi Pemilih di Riau, karena masih banyak masyarakat yang belum dicetak KTP Elektronik-nya.

Padahal saat Pemilu nanti Pemilih harus memiliki KTP Elektronik tersebut.

Baca: Warga Negara Asing Khususnya Warga China Masuk DPT Pemilu 2019 di Riau? Ini Kata Ketua Bawaslu

Baca: Antisipasi Warga China atau WNA Memilih pada Pemilu 2019, DPK Jadi Atensi KPU Kepulauan Meranti

Baca: Pengawas TPS Pemilu 2019 di Pekanbaru akan Dikenalkan dengan e-KTP Warga Negara Asing

Sebagaimana diketahui masih banyak masyarakat yang sudah mengurus namun belum dicetak KTP Elektronik mereka karena alasan Disdukcapil kesulitan dalam mencetak.

"Kita minta Disdukcapil perhatikan ini, jangan sampai nanti masalah KTP Elektronik ini menjadi persoalan di Pemilu, "ujar Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan kepada Tribun Rabu (27/2).

Rusidi Rusdan mengatakan dari hasil pengamatan pihak Bawaslu ternyata masih banyak keluhan masyarakat terkait KTP Elektronik yang belum selesai dicetak, bahkan sudah bertahun - tahun dilakukan perekaman namun tak kunjung selesai.

"Jadi kalau itu dibiarkan saya rasa akan bermasalah. Apalagi kan Surat Keterangan tidak bisa untuk menggantikan KTP Elektronik di Pemilu, harus KTP Elektronik, jadi harus ada upaya antisipasi, "ujar Rusidi Rusdan.

Bawaslu juga mengharapkan tidak hanya warga biasa namun warga binaan juga harus diperhatikan apakah sudah memiliki KTP Elektronik karena saat pemilu nanti juga memiliki hak suara.

Baca: KISAH Cewek Cantik Asal Riau Lahir 9 Hari Setelah Soeharto Jatuh pada Reformasi 1998

Baca: KISAH Cewek Cantik Asal Sawahlunto Merantau di Pekanbaru, Bekerja di BUMN, Berbisnis Make Up Artis

Baca: KISAH Cewek Cantik Berdarah Biru atau Bangsawan Asal Riau, Jualan Kue dan Roti

"Warga binaan juga harus diperhatikan, karena dari temuan Bawaslu juga masih banyak yang belum miliki KTP Elektronik, "ujar Rusidi Rusdan.

Sebagaimana diketahui pemerintah mengupayakan perekaman dan pencetakan KTP Elektronik secara maksimal jelang Pemilu, diantara upaya yang dilakukan kerjasama dengan Lembaga Pencetakan Uang Nasional.

Diharapkan seluruh kendala yang selama ini dihadapi Pemerintah daerah untuk pencetakan bisa selesai sebelum Pemilu. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved