KSOP Dumai Ingatkan Kapten Kapal Hati-hati Sandarkan Kapal

Fasilitas pelabuhan Ro-Ro Tanjung Kapal Rupat Selatan, Bengkalis, tidak terawat dan banyak yang rusak berat karena dimakan usia.

KSOP Dumai Ingatkan Kapten Kapal Hati-hati Sandarkan Kapal
tribun pekanbaru
Satu unit truk keluar dari kapal di pelabuhan Ro-Ro Tanjung Kapal Rupat Selatan, Bengkalis. Fasilitas pelabuhan saat ini banyak yang rusak karena dimakan usia. 

tribunpekanbaru.com - Miris, pelabuhan Ro-Ro Tanjung Kapal Rupat Selatan Bengkalis tidak terawat. Sejumlah fasilitas pendukung seperti fander atau bantalan peredam benturan kapal saat sandar, dalam kondisi rusak berat.

Hal ini menjadi sorotan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dumai melalui Kasi Keselamatan Berlayar, Yuzirwan. Menurutnya, sebagian fander di pelabuhan tersebut rusak berat.

"Kami sudah berbincang dan mengingatkan nahkoda atau kapten kapal agar berhati-hati saat menyandarkan kapal, karena kondisi fander pelabuhan banyak yang rusak," ungkapnya Rabu (27/2).

Dikatakan, selain fander, sejumlah motor bridge menuju ramp door atau jembatan dari dermaga menuju pintu kapal juga dalam keadaan rusak parah. Menurutnya, kebanyakan fasilitas tersebut rusak karena korosi dan penggunaan yang sudah menahun.

"Maklum saja, fasilitas tersebut berada di atas air dan sudah lama. Rusak di sana-sini tentu biasa karena memang sudah lama digunakan," ucapnya.

Yuzirwan mengimbau, agar hal ini menjadi perhatian para nahkoda baik saat sandar maupun lepas sandar di pelabuhan, sehingga bisa lebih hati-hati.

"Tentunya kita ingin mengutamakan faktor keselamatan, makanya kita imbau agar para nahkoda dan kapten kapal bisa sangat hati-hati. Paling tidak menjelang fasilitas tersebut kita perbaiki agar lebih layak dan aman," terangnya. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved