Rokan Hulu

Dinas TPH Rohul Terima Bantuan Bibit Padi Gogo untuk 4.947 Ha Lahan Program Upsus Pajale

Pada tahun 2019 ini, Rohul menerima bantuan bibit padi gogo untuk 4.947 hektare, jagung untuk 2.500 hektare, bantuan bibit kedele belum diketahui.

Dinas TPH Rohul Terima Bantuan Bibit Padi Gogo untuk 4.947 Ha Lahan Program Upsus Pajale
istimewa
Kepala Dinas TPH Rohul, Mubrizal SP, MMA 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Bantuan untuk pengembangan program upaya khusus (upsus) peningkatan padi, jagung dan kedele (pajale) kembali didapatkan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Kepala Dinas TPH Rohul, Mubrizal SP, MMA mengungkapkan, upsus pajale merupakan swasembada pangan tiga komoditas yang dilakukan pemerintah beberapa tahun terakhir.

Upsus pajale yang disalurkan pemerintah melalui bantuan APBN 2019 dalam bentuk bibit, yakni padi gogo, jagung dan kedele atau kedelai.

Pada tahun 2019 ini, Rohul menerima bantuan bibit padi gogo untuk 4.947 hektare, bibit jagung untuk 2.500 hektare, sedangkan untuk bantuan bibit kedelai belum diketahui.

"Untuk bantuan bibit jagung dalam proses pendataan CPCL (Calon Petani dan Calon Lokasi) yang dilakukan petugas penyuluh lapangan," katanya, Kamis (28/2).

Bantuan akan disebar di hampir seluruh desa tersebar dalam 16 kecamatan. Kelompok penerima bantuan akan didata oleh tenaga penyuluh lapangan, sesuai jumlah lahan per kelompoknya.

"Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan bibit ini harus melalui kelompok tani, bantuan upsus pajale 2019 lebih besar dari tahun sebelumnya 2018," terangnya.

Mubrizal menambahkan bibit padi gogo baru akan dibagikan memasuki musim tanam padi yang biasanya mulai Agustus sampai Oktober nanti.

"Padi gogo dan jagung ini bisa ditanam sistem tumpang sari di antara tanaman keras, seperti tanaman karet dan kelapa sawit berusia antara 0-3 tahun," ujar Mubrizal. (tribunrohul.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved