Pemilu 2019

VIDEO: Ketua KPU Riau Beri Penjelasan Teknis Pencoblosan pada Pemilu 2019

Ketua KPU Riau Ilham Yasir mengatakan masyarakat tidak perlu bingung dengan Pemilu 2019, karena sistem pencoblosan tetap persis sama dengan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ketua KPU Riau Ilham Yasir mengatakan masyarakat tidak perlu bingung dengan Pemilu 2019, karena sistem pencoblosan tetap persis sama dengan pemilu 2014. Bedanya hanya jika dulu ada 4 kotak, sekarang ditambah jadi 5 kotak dengan tambahan 1 kotak untuk Pilpres.

"Jadi tidak perlu bingung karena hampir sama dan penyelenggara tidak akan membingungkan masyarakat tentunya, "ujar Ilham Yasir kepada Tribun.

Sekarang ini lanjut Ilham Yasir divisi teknis KPU Provinsi sedang menjalani Bimbingan Teknis di Malang untuk pematangan pelaksanaan pemilu 2019 mendatang.

" Sepulang itu membimtek Kabupaten/kota, terus berjenjang ke bawah ke PPK, PPS dan KPPS, juga sosialisasi kepada parpol, stakeholder dan masyarakat luas, "ujar Ilham Yasir.

Baca: Juventus Semakin Kuat Musim Depan, Zidane dan Marcelo Berpeluang Reuni di Allianz Stadium

Baca: Kesulitan Penuhi Petunjuk Jaksa, Berkas Perkara Tipikor Dana Hibah Pemkab Bengkalis 2012 Masih P19

Baca: Mendikbud Muhadjir Effendi Kunjungi Kampar 9 Maret 2019

Baca: Sekda Abdul Haris Ultimatum OPD di Rohul Segera Serahkan Dokumen Lelang

KPU akan memulai sosialisasi ini kepada masyarakat pada Februari ini, karena dalam waktu dekat juga KPU RI juga sudah akan mulai sosialisasi di media dan media sosial.

"Semalam, malah KPU RI di sela-sela acara Bimtek Penghitungan suara di Malang, melakukan uji coba punghitung di TPS di Kota Surabaya secara terbuka, "jelas Ilham.

Sebagaimana untuk diketahui dalam pemilu 2019 mendatang ada lima surat suara yang akan dipilih masyarakat yakni Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota.

Ukuran surat suaranya untuk surat suara Presiden berukuran 22 kali 31 sentimeter dan untuk Pemilihan Legislatif dan DPD RI lebih besar yakni 51 kali 82 Sentimeter. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved