Beri Motivasi Pada Petani, Babinsa Tempuling Dampingi Kelompok Tani

Pendampingan dilakukan untuk mendukung program swasembada pangan di Inhil, khususnya untuk padi, jagung, dan kedelai.

Beri Motivasi Pada Petani, Babinsa Tempuling Dampingi Kelompok Tani
tribun pekanbaru
Pendampingan petani saat panen padi varietas IR42 di lahan sawah Kelompok Tani Setia Karya, Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas, Inhil, Kamis (28/2) lalu. 

tribunpekanbaru.com - Babinsa Koramil 03/Tempuling, Kodim 0314/Inhil, bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil melalui Dinas Pertanian, terus melakukan pendampingan dan pengawalan panen padi di Kecamatan Kempas, Inhil.

Hal ini dilakukan dalam program Upaya khusus (Upsus), untuk mewujudkan target swasembada pangan khususnya tiga komoditas utama yaitu padi, jagung, dan kedelai (pajale).

Kamis (28/2) lalu misalnya, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 03/Tempuling, Serda Mardia melaksanakan Upsus pendampingan petani saat panen padi varietas IR42 di lahan sawah Kelompok Tani Setia Karya, di Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas.

"Turunnya Babinsa diharapkan memberikan motivasi dan semangat bagi para petani untuk meningkatkan produktivitas hasil panen padinya,” ujar Komandan Koramil (Danramil) 03/Tempuling, Kapten (Arh) Sugiyono.

Danramil menuturkan, Babinsa Serda Mardia memang diinstruksikan mendampingi kelompok tani Setia Karya Kelurahan Kempas Jaya, yang punya luas lahan sekitar 25 hektare. Untuk menyukseskan swasembada pangan, TNI AD memang memerintahkan para Babinsa selalu ke lapangan dan berkordinasi dengan PPL (Petugas Penyuluh Lapangan).

“Petugas PPL dan Babinsa akan terus memberikan pendampingan di lapangan, dan akan selalu koordinasi serta bersinergi dengan instansi terkait yang lebih kompeten di bidang pertanian,” terang Sugiyono.

Petugas PPL Kelurahan Kempas Jaya, Suristo, mengatakan, pendampingan petani sangat penting dilakukan baik oleh PPL maupun Babinsa, mengingat banyaknya padi di wilayah Kecamatan Kempas yang memasuki masa panen.

“Diharapkan selepas masa panen nanti, lahan-lahan segera diolah kembali,” katanya.

Para petani sendiri tampak gembira dengan adanya program ini, dan berharap bisa membuat hasil panen padi bagus.

“Kami sangat berterimakasih. Pak Babinsa dan Bapak PPL selama ini sering mendampingi, mulai dari saat pengolahan lahan sampai panen,” ucap Suhari, seorang petani (odi).

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved