540 HP Sitaan Lapas Pasirpangaraian Dipaku Jadi bentuk Tulisan "Stop Handphone"

Ratusan HP sitaan tersebut merupakan hasil razia dari warga binaan sejak Januari 2018 sampai Februari 2019.

540 HP Sitaan Lapas Pasirpangaraian Dipaku Jadi bentuk Tulisan
tribun pekanbaru
Ratusan HP sitaan dari warga binaan Lapas Kelas IIB Pasirpangaraian, dipaku membentuk tulisan "Stop Handphone." 

tribunpekanbaru.com - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pasirpangaraian, pada 28 Februari lalu menggelar Apel Deklarasi Bersama Bebas Narkoba dan Handphone (HP) di Lembaga Permasyarakatan.

Selain deklarasi, Lapas Kelas IIB juga menjadikan ratusan handphone sitaan dari para warga binaan sebagai tugu.

Kepala Lapas Kelas IIB Pasirpengeraian, Muhamad Lukman mengungkapkan, dalam kegiatan itu Lapas Kelas IIB menghancurkan 540 handphone yang disita dari warga binaan dan tahanan Lapas sejak Januari 2018 hingga Februari 2019.

Menurutnya, hal itu untuk memberi pembelajaran, karena setelah dihancurkan, pihaknya kemudian memaku handphone sitaan tersebut sehingga membentuk tulisan "Stop Handphone."

Dikatakan, HP berpotensi menjadi sarana dalam peredaran narkoba baik dari dalam ataupun dari luar Lapas. "Areal steril dalam Lapas harus benar-benar bersih dari HP. Petugas saat bertugas, simpan HP di loker yang telah disediakan. Untuk warga binaan, bila ingin berkomunikasi dengan keluarga silahkan lakukan kunjungan keluarga atau melalui fasilitas wartelsuspas yang ada," katanya Senin (4/3).

Lukman menegaskan, pihaknya komit mencegah penggunaan handphone dan peredaran narkoba di lingkungan Lapas. Pihaknya juga memperketat pemeriksaan baik barang dan badan, serta permiksaan kamar hunian secara berkala untuk memastikan tidak ada warga binaan yang menyimpan handphone dan narkoba.

Tugu "Stop Handphone" yang terbuat dari HP hasil sitaan warga binaan, sengaja dibuat untuk pengingat bagi petugas, warga binaan, dan keluarga yang berkunjung, tentang larangan penggunaan handphone di areal steril Lapas.

"Semoga tugu "Stop Handphone" ini memberi efek jera di Lapas kelas IIB Pasirpangaraian," ujarnya. (dkp)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved