Rokan Hulu

Cara Unik Lapas Klas IIB Pasir Pengaraian Riau Cegah Penggunaan HP, Beri Efek Jera dengan Buat Tugu

Apel Deklarasi Bersama Bebas Narkoba dan Handphone (HP) di Lembaga Permasyarakatan.

Cara Unik Lapas Klas IIB Pasir Pengaraian Riau Cegah Penggunaan HP, Beri Efek Jera dengan Buat Tugu
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Deklarasi Bersama Bebas Narkoba dan Handphone (HP) di Lembaga Permasyarakatan. 

Cara Unik Lapas Klas IIB Pasirpangaraian Riau Cegah Penggunaan HP, Beri Efek Jera dengan Buat Tugu

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pasirpangaraian, pada Kamis, (28/2/2019), menggelar Apel Deklarasi Bersama Bebas Narkoba dan Handphone (HP) di Lembaga Permasyarakatan.

Deklarasi Bersama Bebas Narkoba dan Handphone ini, merujuk pada surat edaran direktur jendral permasyarakatan Nomor PAS-126.PK.02.10.01 Tahun 2019 tentang langkah progresif dan serius pembrantasan narkoba di rumah tajanan Negara, Cabang rutan Lapas dan Lapas anak-anak, serta rangka rencana aksi nasional Pencegahan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan persekusor narkotika.

Kepala Lapas Kelas IIB Pasirpengaraian Muhamad Lukman, ‎mengungkapkan, selain deklarasi, Lapas Kelas IIB juga menghancurkan sebanyak 540 handphone hasil sitaan milik warga binaan dan tahanan Lapas dari Januari 2018 hingga Februari 2019.

Baca: Babi Ditemukan Tidak Lazim di Pemukiman, Warga Khawatir Babi Ngepet, Ditangkap Diserahkan Polisi

Setelah di hancurkan, handphone sitaan tersebut dipakukan ke tugu bertuliskan "STOP HANDPHONE."

Diakuinya, cara ini dilakukan untuk memberikan pembelajaran terhadap warga binaan.

Ia menambahkan, deklarasi sebagai salah satu wujud pelaksanaan tugas dan tanggung jawab jajaran permasyarakatan, dalam rangka pembrantasan narkoba dan pemakaian handphone di dalam lapas.

Menurutnya, penggunaan HP Sangat berpotensi menjadi sarana dalam peredaran narkoba baik dari dalam ataupun dari luar lapas.

"Areal steril dalam Lapas harus benar- benar bersih dari penggunaan HP, untuk petugas pada saat melaksanakan tugas simpan HP pada loker yang telah disediakan, untuk Warga Binaan apabila ingin berkomunikasi dengan keluarganya silahkan lakukan kunjungan keluarga atau melalui fasilitas Wartelsuspas yang sudah disediakan," katanya, Senin (4/3/2019).

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved