Millennials Pertamina Dumai Gencar Kampanyekan Beat Plastic Pollution

Berawal dari program di internal RU II Dumai, kini kampanye melawan sampah plastik tersebut terus digaungkan dihadapan khalayak eksternal.

Millennials Pertamina Dumai Gencar Kampanyekan Beat Plastic Pollution
Pertamina RU II Dumai
Millennials Dumai tandatangani komitmen Beat Plastic Pollution di booth Pertamina RU II. 

Millennials Pertamina Dumai Gencar Kampanyekan Beat Plastic Pollution

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Tergerak atas dasar kepedulian terhadap permasalahan sampah di Indonesia, pekerja Millennials PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II Dumai jalankan program Beat Plastic Pollution.

Berawal dari program di internal RU II Dumai, kini kampanye melawan sampah plastik tersebut terus digaungkan dihadapan khalayak eksternal di berbagai kesempatan, salah satunya saat terlibat pada acara Millennials Road Safety Festival yang digelar Polres Dumai di Lapangan Bukit Gelanggang Kota Dumai, Minggu (24/02/2019).

Muslim Dharmawan Unit Manager Comm., Relations & CSR Pertamina RU II Dumai menyatakan program Beat Plastic Pollution sendiri terinspirasi dari program yang dicanangkan oleh United Nations Environment Programme (UNEP) pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia pada 5 Juni 2018 yang lalu.

Baca: Puncak Musim Kemarau 2019 Diprediksi Akan Terjadi pada Agustus-September

Gerakan ini kemudian dikembangkan di Pertamina RU II diawali dengan internalisasi budaya penggunaan tempat minum isi ulang (tumbler) untuk mengurangi minuman dalam kemasan plastik.

"Ide dan pelaksanaan program ini berawal dari pemikiran sederhana rekan-rekan millennials Pertamina RU II yang tergabung di dalam organisasi bernama Culture Change Agent (CCA). Intinya melalui program ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan sampah plastik yang dimulai dari masing-masing individu", kata Muslim.

Lebih lanjut ia menjelaskan, tidak hanya penggunaan tumbler untuk keperluan minum sehari-hari kini di Pertamina RU II terus mengupayakan pengurangan sampah dalam bentuk lainnya seperti kotak snack yang diganti dengan penyajian snack secara prasmanan ataupun pemberian sedotan stainless sebagai suvenir kegiatan internal Pertamina RU II.

Khusus untuk budaya penggunaan tumbler, menurutnya sejak mulai diluncurkan sejak medio 2018, kini sudah hal yang biasa menemukan pekerja yang rutin membawa tumbler saat rapat ataupun kegiatan lainnya di kantor.

Hal ini lah yang hendak terus dikampanyekan, juga kepada khalayak luar perusahaan.

"Beberapa kali kami melakukan audiensi kepada Forkopimda dan Program Beat Plastic Pollution menjadi konten yang kami bahas. Dan Alhamdulillah para stakeholders juga menyambut baik dan akan mendukung sosialisasi program ini", ungkap Muslim.

Halaman
12
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved