Pelalawan

Usulan Pemekaran 7 Kelurahan Baru Terkendala Tapal Batas

Sejumlah kelurahan di Pelalawan bakal dimekarkan, tinggal menunggu pengusulan ke DPRD Pelalawan. Ada 7 kelurahan baru hasil pemekaran.

Usulan Pemekaran 7 Kelurahan Baru Terkendala Tapal Batas
net
Ilustrasi

 TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALANKERINCI - Sejumlah kelurahan di Pelalawan bakal dimekarkan, tinggal menunggu pengusulan ke DPRD Pelalawan.

"Ada sejumlah kelurahan yang akan kita mekarkan," kata Asisten I Pemkab Pelalawan, Zulhelmi, Rabu (6/3/2019).
Dikatakannya, ada 7 kelurahan baru hasil pemekaran. Pengusulan pemekaran berasal dari warga. Setelah itu diteruskan ke Kecamatan dengan disertai dengan data pendukung.

Dari kecamatan masuk ke Bidang Tata Pemerintahan (Tapem) Pemkab Pelalawan.

"Pengusulan ini (pemekaran kelurahan) sudah sejak tahun lalu," katanya.

Pihaknya telah meninjau kelurahan yang akan dimekarkan tersebut. Ada sejumlah masalah belum beres terkait upaya pemekaran, yaitu tapal batas.

"Masih ada masalah soal tapal batas. Ada beberapa kelurahan seperti di Kelurahan Pangkalan Kerinci. Ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Pelalawan," ujarnya.

Bila sudah selesai di pihak eksekutif, maka usulan pemekaran akan diteruskan ke pihak legislatif untuk disahkan melalui pengesahan peraturan daerah (perda).

"Dewan akan kerja lagi setelah kita masukkan surat pemekaran kelurahan ini. Bakal hearing lagi dengan kita," ujarnya.

Zulhelmi mengatakan kelurahan yang dimekarkan tersebut berada di 4 kecamatan, yaitu Pangkalan Kerinci, Pangkalan Kuras, Pangkalan Lesung dan Kerumutan.

Untuk Pangkalan Kerinci, kelurahan yang akan dimekarkan yakni Kelurahan Pangkalan Kerinci menjadi tiga kelurahan dan Pangkalan Kerinci Timur juga menjadi tiga kelurahan.

Kelurahan Pangkalan Lesung menjadi dua. Begitu juga Kelurahan Pangkalan Kuras menjadi dua. Kelurahan Kerumutan juga menjadi dua.

Kabag Tapem Pemkab Pelalawan Fakhulrozi juga membenarkan hal tersebut. Ia juga mengatakan masih ada permasalahan tapal batas yang harus diselesaikan. (Tribunpelalawan.com/palti siahaan)

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved