Pelalawan

Sudah Terima dari Pusat, Namun BPKAD Pelalawan Riau Belum Salurkan Dana Kelurahan, Ini Dia Sebabnya

saat ini masih digelar rapat pembahasan penyaluran dana kelurahan dengan mengacu ke Permendagri tersebut.

Sudah Terima dari Pusat, Namun BPKAD Pelalawan Riau Belum Salurkan Dana Kelurahan, Ini Dia Sebabnya
ist
Alokasi Dana Desa 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pelalawan sudah menerima transfer dana kelurahan dari pemerintah pusat. Namun dana tersebut belum ditransfer ke pihak kelurahan.

Kepala BPKAD Pelalawan Devitson mengatakan dana tersebut sudah diterima pihaknya akhir Februari lalu. Dana tersebut pun masih berada di rekening Pemkab Pelalawan.

"Kenapa belum kita salurkan ke penerima dalam hal ini kelurahan? Karena menunggu tata pengelolaan dana tersebut serta mekanisme yang lebih rinci," kata Devitson, Kamis (7/3/2019).

Soal pengelolaan dana kelurahan ini di atur dalam Permendagri nomor 130. Namun saat ini masih digelar rapat pembahasan penyaluran dana kelurahan dengan mengacu ke Permendagri tersebut.

Baca: 14 Kelurahan di Pelalawan Tahun ini Kebagian Dana Desa

Baca: Evaluasi APBD Kabupaten Kota, BPKAD Ingatkan Soal DAK dan Dana Kelurahan

Baca: DANA KELURAHAN di Pekanbaru, Satu Kelurahan Diperkirakan Peroleh Rp 370 Juta

Dana kelurahan yang masuk untuk 14 kelurahan yang ada di Pelalawan. Ada sebanyak Rp 5,1 miliar dana yang sudah diterima.

Dana sebanyak itu untuk anggaran selama tiga bulan bagi kelurahan, mulai Januari - Maret. Penyaluran dana ini memang secara triwulan.

Mulai tahun ini, pemerintah pusat memang mulai menyalurkan dana untuk kelurahan. Ini dilakukan agar pembangunan antara kelurahan dan desa tidak timpang sebab sudah beberapa tahun terakhir ini desa mendapatkan dana dari pemerintah pusat.

Bila diestimasikan, setiap kelurahan akan mendapatkan dana sekitar Rp 700 juta per bulan. Estimasi setahun, satu kelurahan bisa mendapatkan dana sebesar Rp 1,4 miliar.

Baca: Khawatir Merusak Adat dan Budaya, Warga Baduy di Banten Tolak Dana Desa Rp2,5 Miliar

Saksikan juga berita video menarik dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

"Kalau sudah selesai pembahasan dana kelurahan secara rinci, kita akan salurkan langsung ke pihak kelurahan," ujarnya. (Tribunpekanbaru.com / Palti Siahaan)

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved