Dandim Inhil Kumpulkan Pihak Terkait, Musim Kemarau Harus Tanpa Karhutla

Pihak-pihak terkait karhutla dikumpulkan dan kemudian bersama-sama komit menghadapi musim kemarau tanpa ada karhutla.

Dandim Inhil Kumpulkan Pihak Terkait, Musim Kemarau Harus Tanpa Karhutla
tribun pekanbaru
Semua pihak terkait Karhutla di Inhil, berkumpul di Kodim Inhil, Jumat (8/3). Semua pihak komit untuk mencegah, mengantisipasi, dan menanggulangi bila terjadi Karhutla di Inhil. 

tribunpekanbaru.com - Sejumlah persiapan dilakukan Kodim 0314/Inhil menghadapi kemarau panjang yang di prediksi akan segera tiba di tahun 2019.

Salah satu persiapan itu adalah menggelar rapat koordinasi (rakor) pencegahan dan upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Rakor ini dilaksanakan Jumat (8/3) pagi.

Hadir dalam rakor di aula Kodim 0314/Inhil antara lain Asisten III Pemkab Inhil, RM Sudinoto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Inhil, Yuspik, Kapolres Inhil diwakili Kabag Ops, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Inhil, serta seluruh Komandan Koramil (Danramil) di jajaran Kodim 0314/Inhil, dan seluruh pimpinan atau humas perusahaan yang ada di Inhil.

Komandan Kodim (Dandim) 0314/Inhil, Letkol (Inf) Andrian Siregar menjelaskan, rakor membahas upaya pencegahan dan menanggulangi jika terjadi karhutla, khususnya di wilayah Inhil. “Termasuk mempersiapkan berbagai langkah strategis yang perlu dikoordinasikan bersama untuk mengantisipasi karhutla ini,” tutur Andrian.

Dikatakan juga, dalam rakor itu semua pihak membulatkan tekat untuk menyinergikan langkah yang perlu dilakukan dalam menghadapi kemarau. “Kemarau panjang diprediksi BMKG akan terjadi di wilayah Riau tahun ini. Upaya preventif perlu dilakukan agar bisa meminimalisir suatu musibah, salah satunya karhutla,” ujarnya lagi.

Berbagai upaya untuk mencegah Karhutla telah dilakukan, mulai dari pemasangan spanduk pencegahan di berbagai tempat, menjelaskan sanksi pelanggaran dan pidana bagi pelaku pembakar hutan, dan pembuatan sekat kanal serta embung.

Selain upaya pencegahan, Dandim juga mengimbau agar semua pihak dilibatkan dalam upaya penanganan dan pencegahan suatu bencana.

“Karhutla ini dapat kita cegah bila ada komitmen bersama, yakni komitmen dalam membuka lahan dan kepatuhan dalam mengelola lahan. Mari kita jaga alam dan alam pun akan menjaga kita,” tambah Andrian. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved