Pelalawan

Enam SMA di Pelalawan Bakal Gelar UN Pakai Kertas Pensil

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA dan sederajat di Pelalawan belum sepenuhnya menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Enam SMA di Pelalawan Bakal Gelar UN Pakai Kertas Pensil
Tempo.co
Ilustrasi Ujian Nasional Kertas Pensil 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALANKERINCI - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA dan sederajat di Pelalawan belum sepenuhnya menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Masih ada sekolah yang UN dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Kepala cabang Dinas Pendidikan Provinsi Riau di Pelalawan Ilham Hidayat mengatakan ada enam sekolah SMA yang melaksanakan UN dengan sistem UNKP. Selebihnya menggunakan UNBK.

"Enam sekolah SMA di Pelalawan masih UNKP. Tiga sekolah SMA swasta dan tiga negeri," kata Ilham Hidayat, Jumat (8/3).

Penyebabnya masalah jaringan. Ada daerah pelosok yang jaringan internet belum lancar. Ilham pun memisahkan Kecamatan Teluk Meranti. Begitu juga dengan Kecamatan Pelalawan.

"Kalau Kecamatan Kuala Kampar bisa UNBK karena di sekitar kantor camat itu," katanya.

Untuk pelaksana UN SMA sederajat, dilaksanakan berbeda - beda. Untuk SMK, jadwal UN yakni 25 - 28 Maret. Sedangkan jadwal SMA dan MA yakni tanggal 1, 2, 4 dan 8 April.

"Jadwal UN SMA dan MA sepettibitu karena tnggal 3 tanggal merah. Tanggal 5, Jumat, waktu yang pendek karena ada ibadah salat," ujarnya.

Ilham mengatakan untuk SMK di Pelalawan seluruhnya sudah menggunakan sistem UNBK dalam UN nanti.

Mengenai kapan soal ujian nasional yang sistem UNKP datang, Ilham memperkirakan akhir Maret nanti. "Akhir Maret kita perkirakan soal sudah datang," ujarnya. (Tribunpekanbaru.com/palti siahaan)

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved