Siak

Kompetisi MTQ Perawang Diikuti 31 Perwakilan Masjid

Sebanyak 31 perwakilan masjid dan musala se kelurahan Perawang, kecamatan Tualang mengikuti MTQ ke XV yang berlangsung 7-10 Maret ini.

Kompetisi MTQ Perawang Diikuti 31 Perwakilan Masjid
Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra
Asisten III Setdakab Siak disuguhkan sirih pada pembukaan MTQ XV Perawang, Kamis (7/3/2019) malam. Pada MTQ ini sebanyak 31 perwakilan mesjid dan musala se kelurahan Perawang, kecamatan Tualang mengikutinya. Kegiatan berlangsung 7-10 Maret ini. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Sebanyak 31 perwakilan masjid dan musala se kelurahan Perawang, kecamatan Tualang mengikuti MTQ ke XV yang berlangsung 7-10 Maret ini. Jumlah peserta dari perwakilan masjid musala itu mencapai 233 qori-qoriah.

"Karena jenjang MTQ ini dari tingkat kelurahan nyambung sampai ke tingkat internasional, maka kompetisi ini sangat ramai. Tidak tertutup kemungkinan anak kita bisa mencapai jenjang tertinggi pada kompetisi MTQ ini," kata Ketua Panitia MTQ XV Perawang, Saiful Bakhri, Jumat (8/3/2019).

Ia menjelaskan, pelaksanaan MTQ XV Perawang dilaksanakan dari tanggal 7-10 maret 2019.

Sebanyak 233 peserta yang berasal dari 31 mAsjid dan musala bakal mengikuti 3 cabang lomba.

Untuk cabang tilawah dengan kategori tartil putra dan putri, anak-anak putra dan putri, remaja putra dan putri serta dewasa putra dan putri. Selain itu juga diperlombakan cabang hafiz Quran dengan kategori 1 jus dan tilawah putra dan putri, serta 5 jus dan tilawah putra dan putri, serta cabang syarhil Quran.

"Melalui MTQ ini kita bisa mencari bibit untuk qori dan qoriah yang akan kita utus untuk kecamatan," kata Lurah Perawang, Nanang Suhendra.

Sementara Jamaluddin mengakui gebyar MTQ di Perawang sama dengan gebyar untuk tingkat Kabupaten Siak.

Hanya saja di kabupaten ada dibangun astaka. Tapi kalau keramaian dan antusias masyarakat hampir sama.

Menurut Jamaluddin, memperkenalkan Alquran kepada anak sejak dini merupakan salah satu ikhtiar untuk membentengi anak dari dampak negatif era globalisasi yang serba teknologi ini.

"Peran kita sebagai orangtua sangat penting untuk anak. Jangan sampai lalai mengawasi anak, baik di dalam keluarga dan lingkungan sekitar, maupun dalam pergaulannya," kata Jamal

Pelaksanaan MTQ Kelurahan Perawang ini kata dia, diharapkan menjadi daya tarik bagi semua kalangan.

Baik anak, remaja maupun orangtua untuk mengenali dan mengkaji kandungan isi Alquran. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved