Siak

Sejak Tiga Hari Terakhir Kabupaten Siak Riau Dilanda Kabut Asap

"Kami menduga ini kabut asap kiriman dari kabupaten tetangga. Sebab di Pelalawan dan Bengkalis masih terjadi kebakaran hutan dan lahan

Sejak Tiga Hari Terakhir Kabupaten Siak Riau Dilanda Kabut Asap
Tribunpekanbaru/Mayonal
Kabut asap tipis yang menyelimuti Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah (TASL), Jumat (8/3/2019) pagi. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Kabupaten Siak mulai dilanda kabut asap. Sejak 3 hari belakangan, langit di Siak hanya tampak memutih.

Asap semakin jelas terlihat karena dari kejauhan pemandangan dilingkupi warna putih. Terlebih di hamparan sungai Siak dan dari jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah (TASL)

Kepala Bidang Damkar BPBD Siak Irwan Pryatna mengatakan, kebakaran lahan di kabupaten Siak sudah padam sejak 4 hari lalu. Kebakaran itu terjadi pada lahan kosong di Dayun. Seminggu sebelumnya hanya terjadi di Penyengat dan Teluk Lanus.

"Seluruh titik api di Siak sudah padam, sejak 3 hari lalu. Hari ini nihil, sama sekali tidak ada," kata Irwan, Jumat (8/3/2018).

Baca: FOTO: Kabut Asap Tipis Selimuti Jalan Sudirman Pekanbaru

Baca: Kabut Asap Tipis Selimuti Udara Kota Pekanbaru, Warga: Aroma Asap Terasa, Mata Perih

Ia juga mengaku kalau saat ini Siak sedang dilanda kabut asap. Cuaca terasa gerah namun langit memutih. Secara kasat mata kabut asap sudah tampak melingkupi kabupaten Siak.

"Kami menduga ini kabut asap kiriman dari kabupaten tetangga. Sebab di Pelalawan dan Bengkalis masih terjadi kebakaran hutan dan lahan," kata dia.

Ia menyarankan agar warga Siak menggunakan masker ke luar rumah. Sebab, kabut asap yang sudah sangat kasat mata ini sangat berisiko terhadap Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Baca: Kebakaran Lahan di Dayun dan Sei Apit Timbulkan Kabut Asap, Alat ISPU di Siak Riau Tak Berfungsi

Baca: 2.488 Warga Riau Terserang ISPA, Akibat Kabut Asap yang Disebabkan Kebakaran Hutan dan Lahan

"Kita belum lihat warga menggunakan masker padahal sudah kabut asap. Kita sarankan agar warga menggunakan masker supaya terhindar dari ISPA," kata dia. (tribunsiak.com/mayonal putra)

Saksikan juga berita video menarik dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Mayonal Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved