Inhu

Tiga Hari Pemadaman di Kuala Cenaku, KPBD Inhu Riau Catat 2 Hektar Lahan Milik Masyarakat Terbakar

Tim berusaha agar api tidak menjalar lebih luas lagi, dan kondisi saat ini sudah 85 persen titik api berkurang yang berada di lokasi kebakaran lahan

Tiga Hari Pemadaman di Kuala Cenaku, KPBD Inhu Riau Catat 2 Hektar Lahan Milik Masyarakat Terbakar
Istimewa
Anggota Koramil 09/Pulau Burung dan Kodim 0314/Inhil bersama masyarakat dan pihak terkaiy memadamkan Kebakaran Hutan Dan Lahan (karlahut) di Parit Bengkok Desa, Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Inhil, Sabtu (09/02/2019). 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di Desa Sukajadi, Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dipadamkan dalam waktu tiga hari.

Pemadaman berakhir pada Jumat (8/3/2019). Hal ini dikonfirmasi dari Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah atau KPBD Kabupaten Inhu, R Agus Widodo.

"Tiga hari pemadaman, api sudah berhasil dipadamkan namun sekarang masih dilakukan pendinginan," kata Widodo, Jumat (8/3/2019). Widodo menjelaskan lahan yang terbakar berada di Desa Sukajadi, Kecamatan Kuala Cenaku, Inhu.

Saat melakukan pemadaman KPBD Inhu menurunkan 12 personilnya dan dibantu oleh Manggala Agni, TNI, Polri, aparat kecamatan dan masyarakat peduli api (MPA).

Baca: Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti Riau Catat 241 Kasus ISPA Selama Sepekan ini

Baca: Sejak Tiga Hari Terakhir Kabupaten Siak Riau Dilanda Kabut Asap

Widodo menyampaikan, kondisi saat pemadaman lahan terbakar tersebut tidak menemukan kendala berarti.

Selain ketersediaan air, keterlibatan masyarakat juga turut membantu pemadaman api tersebut.

"Tim berusaha agar api tidak menjalar lebih luas lagi, dan kondisi saat ini sudah 85 persen titik api berkurang yang berada di lokasi kebakaran lahan," kata Widodo.

Lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan masyarakat dan luasnya mencapai dua hektar.

Saksikan juga berita video menarik dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

"Lahan yang terbakar terdiri dari semak dan belukar," kata Widodo. Namun untuk penyebab kebakaran lahan hingga kini masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib. (Tribuninhu.com/Bynton Simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved