Bengkalis

Polsek Bengkalis Riau Ikut Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Pematang Duku

Termasuk tim dari Polsek Bengkalis yang ikut memadamkan dan mendinginkan Karhutla di wilayah Kecamatan Bengkalis.

Polsek Bengkalis Riau Ikut Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Pematang Duku
Istimewa
Pemadaman dan pendinginan lahan dilakukan tim gabungan Polsek Bengkalis di Desa Pematang Duku. 

Polsek Bengkalis Riau Ikut Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Pematang Duku

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Upaya pendinginan dan pemadaman Karhutla terus dilakukan tim gabungan Siaga Karhutla Bengkalis sampai saat ini.

Termasuk tim dari Polsek Bengkalis yang ikut memadamkan dan mendinginkan Karhutla di wilayah Kecamatan Bengkalis.

Hal ini diungkap Kapolsek Bengkalis AKP Maitertika kepada tribun, Minggu (10/3) lalu. Menurut Kapolsek bersama anggotanya Polsek Bengkalis ikut serta dalam pemadaman dan pendinginan di Karhutla Desa Pematang Duku sampai Desa Panebal yang terbakar sejak enam hari lalu.

Baca: Jumlah Korban Kecelakaan Kereta Api di Bogor, Arya Bima. Ada 6 Orang Korban Luka-luka

"Sampai petang kemarin luas lahan yang terbakar di sana sekitar tujuh hektare lebih. Dimana dugaan sementara api Karhutla di sini berasal dari Karhutla Desa Ulu Pulau Kecamatan Bantan yang berbatasan langsung dengan Desa Pematang Duku,"ungkap Kapolsek.

Lebih lanjut, Kapolsek mengungkapkan, lahan terbakar merupakan lahan gambut yang tumbuh semak belukar, kondisi cuaca dilokasi cukup panas dan angin juga kencang. Tapi pihaknya cukup terbantu dengan adanya sumber air yang berasal dari embung buatan masyarkat, serta dibantu dengan alat berat.

Pemadaman dan pendinginan lahan dilakukan tim gabungan Polsek Bengkalis di Desa Pematang Duku.
Pemadaman dan pendinginan lahan dilakukan tim gabungan Polsek Bengkalis di Desa Pematang Duku. (Istimewa)

Pemadaman di Desa Pematang Duku ini Polsek Bengkalis menurunkan sebanyak 18 orang personil. Kemudian dibantu tim gabungan dari TNI sebanyak tujuh personil, BPBD Bengkalis enam personil, Damkar delapan orang serta dibantu dengan MPA serta masyarakat sekitar dan Pemadam dari perusahaan.

Sampai petang kemarin kondisi api sudah padam. Namun masih mengeluarkan asap, kemudian tim gabungan melakukan sekat basah dan pendinginan.

"Tidak menutup kemungkinan api akan hidup kembali mengingat cuaca saat ini panas dan angin kencang, sampai saat ini upaya pemadaman dan pendinginan masih terus dilakukan tim gabungan bersama masyarakat tempatan yang memiliki kebun di sekitar Karhutla dengan jumlan 78 orang," tambahnya.

Baca: Ditolak Orangtua & Diputuskan, Pria Ini Sebar Video Hubungan Intim dengan Sang Mantan di Facebook

Selain melakukan pemadaman dan pendinginan Polsek Bengkalis juga penyelidikan penyebab kebakaran yang terjadi sejak tanggal 4 Maret lalu. Penyelidikan ini ditangani bersama Satreskrim Polres Bengkalis dan Polsek Bantan.(sir)

Saksikan juga berita video menarik dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved