Silat Riau Waspadai Tiga Daerah di Popnas Papua

Pencak silat Riau menargetkan meraih minimal satu medali emas di Popnas Papua. Namun ada tiga provinsi yang diwaspadai.

Silat Riau Waspadai Tiga Daerah di Popnas Papua
antara
Pencak silat Riau menargetkan minimal satu medali emas pada Popnas 2019 yang digelar di Papua, September mendatang. 

tribunpekanbaru.com - Pelatih pencak silat Popnas Riau, Asep Solihin, menyebutkan timnya menargetkan membawa medali emas pulang ke Pekanbaru, pada Popnas yang digelar di Papua pada September 2019 nanti. Target tersebut dinilai bukan target yang muluk-muluk.

"Paling tidak satu medali emas, Insya Allah bisa kita raih. Alasannya, atlet kita yang disiapkan untuk meraih medali emas itu, belum lama ini sukses mempersembahkan satu medali emas untuk kontingen silat Merah Putih akhir Desember 2018 lalu di Singapura," kata Asep kepada Tribun, Minggu (10/3).

Asep menjelaskan, dari 13 atlet yang kini dibina di PPLP Dispora Riau, hanya 6 atlet yang dipastikan bisa tampil di Popnas nanti. Hal ini sudah menjadi keputusan Dispora Riau dengan alasan kekurangan anggaran. Meski begitu, walau hanya membawa 6 atlet, Asep akan memaksimalkan kekuatan mereka agar bisa memenuhi target medali emas.

"Enam atlet yang akan dikirim tersebut terdiri 3 putra dan 3 putri. Mereka asli atlet PPLP Dispora Riau. Mereka ini sudah menjadi langganan Riau di berbagai event meraih medali. Makanya sudah kita tekankan, mereka yang meraih medali perunggu, diharapkan bisa meraih perak di Popnas. Mereka yang meraih perak, di Popnas nanti harus bisa mengambil medali emas. Itu yang kita tanamkan setiap latihan," terangnya.

Meski demikian, Asep tetap mewaspadai beberapa daerah yang selama ini menjadi musuh bebuyutan dalam setiap event nasional. Setidaknya, ada tiga daerah yang kekuatan atletnya sangat bagus di banding daerah lainnya yakni Bali, Jateng, dan Jatim.

Namun para atlet diminta untuk tetap menjaga semangat agar bisa mengalahkan atlet dari tiga daerah ini. Apalagi dalam beberapa bulan jelang Popnas latihan para atlet akan makin maksimal. Sehingga prestasi pada Popnas nanti diharapkan bisa meningkat.

"Kita juga berharap sebelum Popnas ada uji coba untuk melihat hasil latihan selama ini," tutur Asep yang juga pelatih silat Indonesia untuk SEA Games 2019 mendatang. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved