Menguji Ketangguhan BI 7 Days (Reverse) Repo Rate

Bank Indonesia memiliki fungsi untuk menstabilkan nilai rupiah baik itu terhadap barang atau jasa maupun terhadap nilai tukar mata uang asing.

Menguji Ketangguhan BI 7 Days (Reverse) Repo Rate
Philstar
ilustrasi inflasi 

Penulis, Yustinus Fandy Asta Eka Putra.

Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Riau

Bank Indonesia memiliki fungsi untuk menstabilkan nilai rupiah baik itu terhadap barang atau jasa maupun terhadap nilai tukar mata uang asing.

Bank Indonesia juga berhak untuk menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter saat terjadi inflasi karena itu Bank Indonesia harus bersifat independen.

Seperti yang dituliskan di dalam Undang Undang no. 23/1999 dan sebagaimana yang telah diubah dalam Undang-Undang Republik Indonesia no.6/2009 Bank Indonesia merupakan bank sentral yang bersifat independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, bebas dari campur tangan pemerintah atau pihak lainnya kecuali hal-hal yang secara tegas diatur di dalam undang undang.

Kedudukan Bank Indonesia ini diatur agar dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya bisa lebih efektif dan efisien. Di setiap negara di dunia pasti pernah mengalami yang namanya inflasi.

Dikutip dalam situs resmi Bank Indonesia secara sederhana inflasi diartikan sebagai kenaikan harga secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas (atau mengakibatkan kenaikan harga) pada barang lainnya.

Inflasi dapat dibedakan berdasarkan tingkat keparahannya, inflasi ringan terjadi kurang dari 10% per tahun dan masih dapat dikendalikan, 10%-30% per tahun merupakan tingkat inflasi sedang, inflasi berat terjadi antara 30%-100% per tahun, sedangkan inflasi yang telah mengacaukan keadaan ekonomi suatu negara seperti yang pernah kita alami pada tahun 1998 lalu adalah inflasi sangat berat (hyperinflasi) terjadi di atas 100% per tahun.

Saat terjadinya pergerakan inflasi di Indonesia, Bank Indonesia memiliki wewenang untuk menetapkan kebijakan moneter yaitu menaikkan atau menurunkan tingkat suku bunga.

Baca: Para Orangtua Wajib Tahu Nih! Inflasi Pendidikan Tinggi, Berapa Biaya Kuliah 5 & 10 Tahun Lagi?

Baca: Siap-siap Mobil Murah akan Dikenakan Pajak Barang Mewah

Halaman
123
Editor: Firmauli Sihaloho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved