KPU Dumai Mulai Lipat Surat Suara, Bawaslu Awasi Ketat

Lebih dari 900 ribu lembar surat suara untuk pemilu 2019, mulai dilipat oleh tenaga pelipat yang direkrut KPU Dumai.

KPU Dumai Mulai Lipat Surat Suara, Bawaslu Awasi Ketat
tribun pekanbaru
KPU Dumai mulai melakukan proses pelipatan kertas surat di gudang KPU Dumai. Pelipatan kertas suara ini diawasi langsung oleh Bawaslu Dumai. 

tribunpekanbaru.com - Proses pelipatan suara di gudang logistik KPU Dumai sudah dimulai pada Selasa (12/3) pagi. Proses pelipatan surat suara tersebut dilakukan dalam pengawasan Bawaslu Kota Dumai dan pihak keamanan.

Disampaikan Wakil Ketua KPU Dumai Bidang Logistik, Parno, proses pelipatan kertas suara ini berlangsung serentak secara nasional.

"Kita mulai proses pelipatan dari pukul 8 pagi sampai pukul 17.00 sore tanpa target. Paling tidak, semuanya bisa diselesaikan dengan cepat," ungkap Parno.

Dia menegaskan, jumlah kertas surat suara yang harus dilipat mencapai angka 928.302 lembar, dan dikerjakan oleh 100 orang tenaga pelipat.

Parno mengatakan, ada sejumlah temuan terkait kertas surat suara rusak seperti dalam kondisi robek maupun kesalahan percetakan. Namun menurutnya, pihak KPU Dumai belum merekap jumlah kerusakan mengingat proses pelipatan masih sedang berlangsung.

"Kertas surat suara yang rusak akan kita rekap belakangan. Sementara kita fokus dulu melipat kertas suara hingga selesai secepat-secepatnya," sebutnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kota Dumai, Zulfan, mengatakan, ada 25 orang anggota Bawaslu yang melakukan pengawasan dalam proses pelipatan kertas surat suara di gudang KPU Dumai.

"Kita melakukan pengawasan secara ketat untuk menghindari adanya kesalahan-kesalahan yang tak diinginkan," kata Zulfan.

Tak hanya dari Bawaslu, pihak kepolisian bersama petugas KPU juga turut melakukan pengawasan di lokasi kegiatan. "Mudah-mudahan proses pengerjaannya bisa berjalan cepat sesuai target yang diharapkan," tambahnya. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved