Pemilu 2019

2,6 Juta Surat Suara Pemilu akan Dilipat di Pekanbaru, Ditemukan Ribuan Rusak di Pekanbaru dan Dumai

Sebanyak 2,6 juta surat suara akan dilipat di Pekanbaru, pada hari pertama ditemukan ribuan surat suara rusak di Pekanbaru dan Dumai

2,6 Juta Surat Suara Pemilu akan Dilipat di Pekanbaru, Ditemukan Ribuan Rusak di Pekanbaru dan Dumai
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
2,6 Juta Surat Suara Pemilu akan Dilipat di Pekanbaru, Ditemukan Ribuan Rusak di Pekanbaru dan Dumai 

2,6 Juta Surat Suara akan Dilipat di Pekanbaru, Hari Pertama Ditemukan Ribuan Surat Suara Rusak di Pekanbaru dan Dumai

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 2,6 juta surat suara akan dilipat di Pekanbaru, pada hari pertama ditemukan ribuan surat suara rusak di Pekanbaru dan Dumai.

Pada hari pertama proses pelipatan surat suara untuk DPR RI, KPU Kota Pekanbaru telah menemukan sekitar seratusan lebih surat suara yang rusak.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Kota Pekanbaru Anton Merciyanto, Rabu (13/3/2019)

Baca: 5 Pria di Riau Ditangkap Polisi, 3 Pemuda Siak, 2 Warga Inhil karena Curi Motor Cewek Cantik

Baca: TERUNGKAP Kapal Penumpang dari Batam ke Selatpanjang Digunakan untuk Mengangkut Barang Ilegal

Baca: KISAH Cewek Cantik Asal Pekanbaru, Terpilih Jadi Duta Remaja Riau, Kampanye Stop Bullying pada Anak

"Kalau jumlah total suara yang rusak kita belum rekap, tapi gambarannya dapat saya lihat, satu kelompok saja ada yang 20 sampai 30 surat suara yang rusak, disini ada 20 kelompok, jadi kalau ditotal ada sekitar seratusan surat suara lebih yang rusak," ujar Anton kepada Tribunpekanbaru.com di lokasi pelipatan surat suara, di Venue Takraw kawasan Bandar Seni Raja Ali Haji Pekanbaru sekitar jam 15.30 WIB.

Dijelasakannya, perekapan surat suara yang telah dilipat dan yang rusak akan dilakukan setelah waktu kerja pelipat kertas suara telah selesai, yaitu jam 16.00 WIB.

"Kita belum tahu juga pastinya, (surat suara rusak,red) teman-teman ini pasti merekap nanti sore, setiap kelompok ada pendamping, ada pengawas, nah mereka yang akan mencatat surat-surut yang rusak, ," ujar Anton sambil menjelaskan, kerusakan surat suara cukup bermacam-macam.

"Ada tinta yang meluber, ada yang cetakannya bertingkat-tingkat, kalau di print itu aja yang keluar, kemudian ada yang terpotong, kalau yang bolong tidak ada saya lihat tadi, " tambah Anton.

Masih menurut dia, pada hari pertama pelipatan, pihak KPU Kota Pekanbaru akan melihat kekuatan pelipat, karena ini hari pertama jadi kita akan coba melihat berapa mampunya melipat surat suara itu, karena estimasi kita sebetulnya 10 sampai 15 hari sudah selesai, dengan kekuatan 300 pelipat, makanya nanti akan kita evaluasi," jelasnya.

Baca: KISAH Cewek Cantik Asal Riau Jadi Duta Ekonomi Syariah, Cerita Soal Bank Konvensional dan Syariah

Baca: CEWEK CANTIK Pekanbaru Kampanye Stop Bullying pada Anak, Miris Melihat Kasus Bullying di Sekolah

Baca: KISAH Cewek Cantik Asal Pekanbaru, Jadi Duta FMIPA dan Suka Berpantun, Dipanggil Dayang Cermai

Untuk Kota Pekanbaru terdapat hampir 2,6 juta surat suara yang dilipat untuk 5 tingkatan, yaitu DPRD Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, Presiden dan Wakil Presiden RI, pada prosesnya, pihak KPU Riau menyatakan bahwa belum terdapat kendala yang berarti, namun menurut Anton, para pelipat belum terlalu mahir karena baru hari pertama.

Halaman
1234
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved