Berita Riau

Bawaslu Riau Sebut Ribuan Surat Suara Presiden dan Wapres di Dumai Ditemukan Rusak

Bawaslu Riau memantau melalui Bawaslu Dumai ditemukan 5.859 lembar Surat Suara Capres dan Cawapres rusak.

Bawaslu Riau Sebut Ribuan Surat Suara Presiden dan Wapres di Dumai Ditemukan Rusak
Bawaslu Riau
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau memantau melalui Bawaslu Kota Dumai ditemukan 5.859 lembar Surat Suara Capres dan Cawapres rusak dengan kategori Robek, bercak tinta, dan kotor. 

Bawaslu Riau Sebut Ribuan Surat Suara Presiden dan Wapres di Dumai Ditemukan Rusak

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau memantau melalui Bawaslu Kota Dumai ditemukan 5.859 lembar Surat Suara Capres dan Cawapres rusak dengan kategori robek, bercak tinta, dan kotor.

"Temuan itu terungkap saat Bawaslu Dumai melakukan supervisi pelipatan surat suara ke gudang KPU Kota Dumai di Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur," ujar Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan kepada Tribunpekanbaru.com Rabu (13/3/2019).

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Dumai Kordinator Divisi Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Agustri mengatakan, pelipatan surat suara Capres dan Cawapres dilakukan selama 1 hari oleh pihak KPU Kota Dumai dengan jumlah tenaga kerja lepas sebanyak 150 orang.

Baca: FOTO: Prabowo Sampaikan Pidatonya di Hadapan Ribuan Pendukungnya di Pekanbaru

"Sudah 178.801 lembar surat suara Capres dan Cawapres yang telah dilipat dengan jumlah surat suara yang rusak sebanyak 5.859 lembar, "ujar Agustri.

Dasar hukum pengawasan ini merujuk pada Undang-Undang No.7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum dan Perbawaslu No.21 Tahun 2018 tentang Pengawasan logistik.

Dalam perbawaslu tersebut diperintahkan kepada Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia untuk melakukan Pengawasan logistik Surat Suara termasuk dalam proses pelipatan serta distribusi surat suara ke tiap TPS.

Baca: VIDEO: Siaran Langsung Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 Top 28 Grup 2 Malam Ini, Ada Wakil Sumbar

Pengawasan Pelipatan surat suara ini telah dilakukan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Riau untuk memastikan dalam Pemilu serentak Tahun 2019 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya kekurangan surat suara di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Provinsi Riau. (*)

Saksikan juga berita video menarik dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved