Berita Riau

Perekaman Biometrik Calon Jemaah Haji di Riau Sudah Bisa Dilakukan, Ini Tahapan dan Lokasinya

Calon Jemaah haji asal Riau khususnya dari Kota Pekanbaru sudah bisa mulai melakukan perekaman biometrik visa jemaah haji, Selasa

Perekaman Biometrik Calon Jemaah Haji di Riau Sudah Bisa Dilakukan, Ini Tahapan dan Lokasinya
Tribun Pekanbaru
FOTO ILUSTRASI - penyambutan jamaah haji asal Kabupaten Pelalawan di embarkasi haji Kota Batam 

Perekaman Biometrik Calon Jemaah Haji di Riau Sudah Bisa Dilakukan, Ini Tahapan dan Lokasinya

TRIBUNPEKANBARU.COM - Calon Jemaah haji asal Riau khususnya dari Kota Pekanbaru sudah bisa mulai melakukan perekaman biometrik visa jemaah haji, Selasa (12/3/2019).

Proses perekaman biometrik dilakukan oleh VFS Tashell, perusahaan yang ditunjuk langsung oleh pemerintah arab saudi untuk melakukan perekaman biometrik bagi jemaah hasil di Indonesia.

"Persyaratan untuk visa jemaah haji tahun ini itukan harus dilakukan perekaman biometrik. Mulai hari ini sudah bisa, untuk Jemaah asal Pekanbaru kita sudah instruksikan untuk menghubungi langsung pihak PT VFS Tashell untuk melakukan perekaman (biometrik), sudah bisa dilakukan, karena nama-namanya sudah masuk," kata Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji, Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Riau, H Suhardi, HS, S.Ag, MA, Selasa (12/3/2019).

Baca: Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2019 di Riau Rp. 32.456.450

"Nah, untuk jemaah haji asal Riau, setelah rapat dengan kementrian agama dengan pihak perusahaan VFS Tashell di Jakarta, tanggal 6 Maret yang lalu, untuk titik dan lokasi perekaman biometrik di Riau awalnya ada satu titik, kemudian akan ada tambahan satu titik lagi, tapi peralatan yang untuk satu titik lagi belum datang sampai hari ini, yang sudah ada sekarang itu di Kantor Pos Jalan Adi Sucipto Pekanbaru," ujarnya.

Pihaknya sudah menyampaikan kepada kasi haji di kabupaten kota di Riau untuk segera mungkin menyiapkan paspor jemaah dan mengirimkan nominatif nama-nama calon jemaah haji untuk dimasukkan ke dalam indohaj emailnya PT Tashell untuk bisa dilakukan perekaman biometrik.

Hingga, Selasa (12/3/2019) data calon jemaah haji di Riau yang sudah diinput dan disampaikan ke email PT VFS Tashell melalui indohaj sekitar 2650 jemaah. Atau lebih dari separoh yang diinput dan dikirimkan ke email VFS Tashell.

Pihak Kanwil Kemenag Riau akan maksimalkan dalam minggu ini bisa tuntas, supaya nanti pihak VFS Tashell bisa menyusun jadwal untuk perekaman biometriknya.

"Jadi perekaman biometrik itu baru bisa dilakukan setelah nama jemaah itu sampai ke emailnya indohaj PT Tashell. Sampai hari ini yang sudah masuk dan kita sampaikan ke emailnya indohaj PT Tashell sekitar 2.650 jemaah," bebernya.

Baca: Disebut Orang Terkaya yang Pernah Hidup, Pria Afrika Ini Berangkatkan 72 Ribu Karyawan Naik Haji

Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak VFS Tashell, agar saat perekeman biometrik bagi calon jemaah haji asal Riau nantinya bisa dijadwalkan per-kabupaten kota.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved