Berita Riau

Usaha Galian C di Riau Banyak Tidak Berizin, Dinas ESDM Riau Ungkap Ini Penyebabnya

Usaha tambang pasir dan kerikil atau galian C di pinggiran sungai di wilayah Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu diduga banyak yang tidak memiliki izin

Usaha Galian C di Riau Banyak Tidak Berizin, Dinas ESDM Riau Ungkap Ini Penyebabnya
istimewa
FOTO ILUSTRASI - Lokasi Galian C di Desa Koto Tuo Barat Kec XIII Koto Kampar 

Usaha Galian C di Riau Banyak Tidak Berizin, Dinas ESDM Riau Ungkap Ini Penyebabnya

TRIBUNPEKANBARU.COM - Usaha pertambangan pasir dan kerikil atau galian C di pinggiran sungai di wilayah Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu diduga banyak yang tidak memiliki izin.

Apalagi sejak peralihan kewenangan bidang pertambangan dari kabupaten Kota, ke Pemerintah Provinsi.

Kondisi ini membuat pemerintah kabupaten bingung, sebab usaha ini beroperasi ini diwilayahnya, namun untuk izinya bukan menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten.

"Kita akan duduk bersama dengan instansi terkait termasuk penegak hukum, apa solusi terbaiknya. Karena galian C ini kan juga bisa menjadi sumber pendapatan daerah kalau ada izinnya," kata Kepala Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Indra Agus Lukman, Rabu (13/3/2019).

Baca: 9 Hari Bertahan di Pekanbaru dan Menginap di Bawah Flyover, Ini Harapan Ratusan Warga Desa Koto Aman

Indra mengungkapkan, persoalan ini terjadi akibat belum tuntasnya Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Kota yang belum disesuaikan dengan RTRW Provinsi Riau. Akibatnya banyak perizinan galian C yang tidak bisa diterbitkan izinya karena masih menunggu RTRW kabupaten kota disesuaikan dengan RTRW Provinsi yang baru.

"Makanya dalam waku dekat kita akan duduk bersama. Karena yang jadi masalah itukan persoalan RTRW kabupaten kota belum mengacu ke RTRW provinsi," ujarnya.

Seperti diketahui, kondisi tidak jelasnya perizinan Galian C ini sudah terjadi Sejak Tahun 2016, dimana sejak itu, Pemerintah daerah tidak pernah lagi mengutip pajak Galian C karena tidak memiliki payung Hukum.

Baca: PABBSI Riau Berharap Full Team di Pra PON Jakarta, Ini Tujuannya

Di Kabupaten Rokan Hulu satu tahun biasanya, potensi Pajak Galian C itu bisa mencapai 1 Miliar pertahun, Artinya 3 tahun ini, kita sudah kehilangan 3 Miliar Rupiah.

Meski di wilayah tersebut banyak usaha Galian C yang tidak punya izin resmi, namun faktanya meraka tetap beraktivitas dengan alasan memenuhi kebutuhan material pembangunan daerah. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono)

Saksikan juga berita video menarik dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved