Berita Riau

1.823 Hektare Lahan Hangus, BPBD Riau Sebut Kebakaran Lahan di Riau Tinggal Pendinginan

Terhitung sejak tanggal 01 Januari hingga Kamis luas lahan yang terbakar di Riau mencapai 1.823,91 hektare.

1.823 Hektare Lahan Hangus, BPBD Riau Sebut Kebakaran Lahan di Riau Tinggal Pendinginan
Tribun Pekanbaru/Syahrul Ramadhan
Ilustrasi - Pemadaman kebakaran hutan. 

1.823 Hektare Lahan Hangus, BPBD Riau Sebut Kebakaran Lahan di Riau Tinggal Pendinginan

TRIBUNPEKANBARU.COM - Terhitung sejak tanggal 01 Januari hingga Kamis (14/3/2019) luas lahan yang terbakar di Riau mencapai 1.823,91 hektare.

Paling luas ditemukan di Kabupaten yang mencapai 1.015 hektare. Kemudian Rohil 254 hektare disusul Meranti 216 hektare, Dumai 133 hektare, Siak 70 hektare, Inhil 48 hektare, Pelalawan 43 hektare, Pekanbaru 21 hektare, Kampar 19 hektare, dan Inhu 1.5 hektare.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger Sanger, Kamis (14/3/2019) mengungkapkan, saat ini petugas sedang fokus melakukan pemadaman dan pendinginan di beberapa lahan yang masih terbakar.

"Seperti di Jalan Bangsawan Sungai Batang, Desa Ketam Putih, Bengkalis. Kemudian di Desa Pangkalan Terap, Kecamatan Teluk Meranti, Pelalawan. Di Desa Ulu Pulau, Kecamatan Bantan Bengkali. Di Pergam Kecamatan Rupat. Kemidian di Desa Teluk Lecah Rupat serta di Desa Sei Gayung Kiri Kecamatan Rangsang," katanya.

Baca: Motif Pembunuhan di Seikijang Pelalawan Riau Berlatar Ekonomi, Korban dan Pelaku Saling Kenal

Selain itu petugas juga masih berupaya melakukan pendinginan di bebarapa lokasi lahan yang sebelumnya sempat terbakar. Seperti di Desa Pangkalan Terap, Kecamatan Teluk Meranti di Tanjung Putus dan Desa Kuala Terusan Pangkalan Kerinci. Jalan Paman Jaya RT04, Kel. Tj. Palas, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai. Di Jalan Sungkai RT 01 / RW 01 Kel. Terkul Kec. Rupat Kab. Bengkalis. Jalan Datuk Maddan RT12, Kel. Tanjung Palas, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai.

"Sebagian besar api sudah padam, tinggal pendinginan dan asat tipis saja," kata Edwar Sanger.

Langkah cepat dilakukan dari darat dan juga udara dengan menggunakan waterbombing, selain heli milik pemerintah, juga dibantu heli waterbombing dari perusahaan swasta.

Baca: Prabowo KW Asal Pekanbaru Bikin Heboh Bandara SSK II, Saking Miripnya Banyak Orang Tertipu

Saat ini setidaknya 10 unit heli yang dikerahkan untuk melakukan waterbombing di lokasi kebakaran lahan di Riau serta satu pesawat untuk TMC. Sedangkan untuk jumlah petugas yang melakukan pemadaman di lapangan, sekitar 5000 lebih.

"Kita sudah keliling melakukan pemantuan dari udara, sekarang kan tinggal pendinginan saja lagi. Tinggal beberapa titik saja di Meranti dan Pelalawan. Semua sudah berusaha semaksimal mungkin. Baik Pemprov, pemerintah pusat, TNI, Polri, manggala Agni semuanya sudah bekerja dengan maksimal," ujarnya. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono)

Saksikan juga berita video menarik dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved